Pemkab Apresiasi Terhadap Kerja Nyata PLN




GAS-Bupati Kabupaten Indragiri (Inhil) HM Wardan diwakili Plh Asisten III Asisten III Setdakab Inhil, RM Sudinoto ungkapkan apresiasi terhadap kerja nyata PLN dalam upaya wujudkan listrik 24 jam di sejumlah desa di Riau.

"Mewakili Bupati menyampaikan apresiasi atas kerja nyata PLN untuk mewujudkan impian warga bisa menikmati listrik 24 jam dengan harga murah, mengingat listrik memiliki manfaat bagi kehidupan bahkan merupakan kebutuhan pokok dalam kehidupan sehari-hari," jelas RM Sudinoto saat menghadiri Peresmian penyalaan listrik desa di desa Teluk Tuasan belum lama ini. 

Karena itu langkah-langkah  yang dilakukan oleh PLN, menurutnya perlu di support secara penuh agar desa-desa yang ada saat ini bisa diselesaikan oleh PLN, sesuai waktu bahkan lebih cepat dari yang direncanakan.

Lanjutnya, ia mengajak masyarakat untuk membantu upaya PLN dalam membangun jaringan listrik di daerah.

"Dengan merelakan pohon untuk ditebang khususnya  yang dilewati jaringan listrik, serta membantu secara swadaya dalam mendukung upaya PLN untuk melistriki desa-desa yang belum berlistrik di Inhil agar permasalahan yang di hadapi PLN di lapangan segera cepat teratasi agar warga bisa menikmati listrik sehingga desa-desa di Inhil menjadi terang benderang," katanya.

Pada akhir sambutan, General Manager PLN Wilayah Riau dan Kepulauan Riau,  Irwansyah mengungkapkan dengan tambahan 24 desa itu, hingga Mei  2018  PLN telah melistriki 1.672 desa dari 1.835 desa yang ada di Propinsi Riau yang serta merta menjadikan rasio desa berlistrik menjadi 91,1 %.

Irwansyah mengakui banyak tantangan yang dihadapi PLN dalam upayanya melistrik desa-desa di Riau, seperti yang terjadi di Indragiri Hilir dan Kepulauan Meranti.

"Hampir semua sisa desa yang belum berlistrik terkendala pada pengiriman peralatan listrik karena harus melalui sungai dan anak-anak bahkan untuk sampai ke jalan jalan desa petugas hurus gotong royong dengan warga memikul tiang-tiang listrik serta material listrik utama, hal ini dikarenakan akses jalan untuk dilewati kendaraan pengangkut material distribusi utama tidak memadai," pungkas Irwansyah.

Pada kesempatan ini PLN juga membagikan bantuan PLN Peduli  bagi 200 warga yang tinggal di desa  Teluk Tuasan kecamatan Gaung Anak Serka 

Sebagai wujud kepedulian PLN bagi warga desa Teluk Tuasan, adapun dana bantuan ini berasal dari CSR dan YBM PLN. (Ru)