News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Antisipasi Karhutla, Polsek GAS dirikan Posko Relawan Pemadam

Antisipasi Karhutla, Polsek GAS dirikan Posko Relawan Pemadam




GAS - Untuk mengantisipasi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla). Polsek Gaung Anak Serka (GAS) dirikan Posko relawan pemadam Karhutla,  Rabu (12/2/20) siang. 

Pendirian posko tersebut di motori langsung oleh Kapolsek GAS Iptu Agus Suanto SH yang dihadiri Camat,  Danramil,  Lurah,  para Kades,  Tomas dan Personil Polsek GAS. 

Mantan Kanit Tipidter Polres Inhil ini mengatakan penanganan bencana Karhutla merupakan atensi langsung dari Presiden RI Ir Joko Widodo. 

"Ini tidak hanya cukup dengan TNI, POLRI dan Pemerintah untuk mengatasi hal tersebut namun harus ada peran serta dari seluruh komponen masyarakat,  sehingga sesuai perintah kami mendirikan posko ini, "kata Agus yang juga pernah menjabat Kapolsek Tembilahan Kota ini. 



Lanjut Agus, kini Kapolda Riau telah membuat suatu inovasi untuk memantau pengecekan dan penanganan Karhutla yakni dengan membuat Aplikasi Lancang Kuning.

"Aplikasi ini dibuat untuk penanganan karhutla yang lebih cepat dan akurat,  sehingga sewaktu ada titik api,  kami langsung turun dan juga agar Karhutla tidak meluas, dan di posko juga sudah ada peralatan untuk memadamkan api,"tambah Agus. 

Terakhir disampaikan Agus, untuk permasalahan Karutla di Kecamatan GAS,  pihaknya selalu mengedepankan upaya pencegahan  berupa pemberian himbauan dan penyebaran Maklumat Kapolda Riau tentang larangan membakar Hutan dan Lahan. (RA) 

Tags