News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Dimediasi Kejari, Tagihan listrik Jalan Pekanbaru di Kurangi 5 M

Dimediasi Kejari, Tagihan listrik Jalan Pekanbaru di Kurangi 5 M


foto : riau expose


Pekanbaru - Proses mediasi antara Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru dengan PT PLN Kota Pekanbaru akhirnya selesai, Selasa (11/2/2020). Disepakati, tagihan listrik Penerangan Jalan Umum (PJU) Pemko dikurangi Rp5 miliar.

Pemko Pekanbaru dan PLN UP3 Pekanbaru sudah menandatangani berita acara terkait nilai tagihan itu. Penandatanganan berita acara kesepakatan yang dipimpin oleh Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Pekanbaru, Andi Suharlis.

Andi mengatakan, setelah dilakukan mediasi, ada titik temu. Tagihan PLN yang awalnya mencapai Rp12 miliar harus dibayarkan oleh Pemko mendapatkan pengurangan sebesar Rp5 miliar.

"Setelah dikurangi, Pemko hanya membayar sekitar Rp7 miliar per bulannya," kata Andi.

Pengurangan tagihan PJU Kota Pekanbaru tersebut, dijelaskannya lantaran banyak ditemui PJU yang belum dilaporkan. Sehingga, membuat tagihan PJU Kota Pekanbaru membengkak hingga Rp5 miliar.

Sementara itu, Asisten II Setdako Pekanbaru, El Syabrina mengatakan, adanya pembengkakkan tagihan PJU yang mencapai Rp5 miliar itu sangat menguras APBD Pekanbaru. Kata dia, hal itu berefek kepada pembangunan.

"Alhamdulillah dengan dimediasi oleh Kejaksaan Negeri Pekanbaru dan ada kesepakatan juga yang ditandatangani, akhirnya permasalahan antara Pemko dengan PLN sudah ada titik temu," jelasnya.

Lanjutnya, yang awalnya tagihan PJU sekitar Rp12 miliar harus disetor ke PLN, akhirnya hanya bayar sekitar Rp6 atau Rp7 miliar saja.

"Ke depannya mungkin akan terus berkurang tagihannya. Hasil ini sangat luar biasa, dengan berkurangnya Rp5 miliar untuk tagihan PJU, bisa kita gunakan pembangunan Kota Pekanbaru lainnya. Seperti pembangunan jalan yang berlubang dan yang lainnya," paparnya.

General Manager PLN UP3 Pekanbaru, Himawan Sutanto mengatakan, setelah melakukan cek fisik di lapangan, kesepakatan akhirnya dicapai. Kata dia, PLN pada prinsipnya tidak boleh beda, barapa pun fisik yang ada di lapangan.

"Pemko oke kita juga oke. Intinya, kita ingin untuk penerangan di Kota Pekanbaru maksimal. Maksimal dengan penghematan, nantinya akan diperbaiki, dan tentu kami siap mendukung dari segi suplay listrik," jelasnya.***






Sumber : Cakaplah.com

Tags