Batu Mulia dan Akik Bermanfaat Bagi Kesehatan, Benarkah?


Jakarta  -  Menjaga kesehatan dapat dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari yang ilmiah sampai yang tidak biasa. Batu kesehatan, seperti batu akik atau kristal diyakini sebagai salah satu cara menjaga kesehatan yang efektif. Tidak hanya menarik bagi penampilan, tetapi batu mulia ini diklaim memiliki khasiat untuk kesehatan. Namun, apakah batu kesehatan benar memiliki efek yang positif terhadap kesehatan?

Apa saja jenis batu kesehatan?

Sebelum menjawab pertanyaan di atas, ada baiknya jika kita memahami jenis-jenis batu kesehatan yang beredar dalam masyarakat beserta khasiat-khasiatnya yang diyakini oleh masyarakat.

1.Tiger’s eye
Tiger’s eye atau mata harimau adalah salah satu batu kesehatan yang cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia. Batu kesehatan ini dipercaya mampu menambah motivasi dan mengurangi kecemasan, keraguan dalam diri, dan rasa takut.

2.Ametis
 Ametis dikenal dengan istilah batu kecubung berwarna ungu dan dipercaya dapat membantu kita untuk tidur, mengurangi pemikiran negatif, membersihkan darah, meringankan rasa sakit dan stres, serta meningkatkan produksi hormon tubuh.

3.Safir
Batu kesehatan berwarna biru yang dikenal dengan harganya yang mahal ini diyakini mampu membantu mengatasi masalah pada mata, darah, dan  sel, serta membantu meringankan insomnia, kecemasan, dan depresi.

4.Rubi
Batu kesehatan rubi dikenal dengan ciri khas warna merahnya yang dapat meningkatkan vitalitas, sensualitas, dan intelektual. Tidak hanya itu, batu kesehatan rubi juga dipercaya dapat mengeluarkan racun dari darah dan menjaga sistem peredaran darah.

5. Obsidian
Batu kesehatan obsidian memiliki warna hitam yang elegan dan berfungsi untuk melindungi penggunanya dari energi negatif. Batu kesehatan ini juga dipercaya dapat menjaga sistem pencernaan, mengurangi nyeri dan kram, serta untuk detoks tubuh.

6.Clear quartz
 Clear quartz memiliki ciri khas berupa kristal putih yang dipercaya dapat meningkatkan energi. Batu kesehatan ini juga mampu menambah konsentrasi dan memori, serta menjaga daya tahan dan keseimbangan tubuh.

7.Rose quartz
Berbeda dengan batu kesehatan clear quartz, rose quartz memiliki warna merah muda dan diyakini dapat membantu menjaga hubungan dengan orang lain dan diri sendiri, serta dan membantu melewati masa-masa sulit yang memicu stres.

8.Jasper
Jasper atau yasper merupakan batu kesehatan berwarna merah yang disebut bermanfaat untuk meningkatkan semangat dalam melewati stres yang dialami, serta membantu meningkatkan kepercayaan diri dan ketangkasan saat berpikir.

9.Citrine
Batu kesehatan citrine memiliki peranan secara psikis karena dapat melepaskan sifat-sifat negatif dalam diri dan membantu meningkatkan pikiran, motivasi, dan optimisme.

10.Turquoise
Batu kesehatan berupa kristal berwarna biru ini bisa menyeimbnagkan emosi dan berkhasiat untuk daya tahan tubuh, sistem pernapasan, dan kerangka tubuh.

11.Moonstone
Hampir serupa dengan batu kesehatan lainnya, moonstone juga mampu mengurangi stres dan membantu perkembangan diri.

12.Bloodstone
Seperti namanya, batu kesehatan bloodstone diyakini dapat membersihkan darah dengan melancarkan peredarannya dan membasmi energi negatif dari luar. Bersihkan Perhiasan Batu Mulia agar Tetap Berkilau Apakah batu kesehatan bermanfaat bagi kesehatan? Ini pastinya bagian yang kita nantikan. Faktanya, tidak ada riset yang bisa membuktikan khasiat dari batu kesehatan ini.

Malahan, suatu studi menemukan bahwa partisipan yang diberikan batu kesehatan asli maupun palsu tetap memberitahukan adanya sensasi tertentu dari memegang kristal tersebut. Oleh karenanya, sensasi-sensasi tersebut kemungkinan besar diakibatkan oleh efek plasebo dari bebatuan tadi.

Meskipun batu kesehatan diyakini dapat membantu secara fisik, psikis, dan spiritual, tetapi belum ada penelitian ilmiah yang mendukung manfaatnya. Walau begitu, sugesti positif yang didapatkan pemakai batu mulia tentu memberi manfaat untuk kesehatan, sekaligus meningkatkan penampilan

Sumber: Kompas.com