1 Pasien Positif Covid-19 di Rembang Dinyatakan Sembuh, Ini Datanya


Rembang - Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi telah mengumumkan empat pasien positif Corona yang dirawat di RSUD KRMT Wongsonegoro, Semarang, telah sembuh. Salah seorang di antaranya merupakan warga Rembang dan kini sedang dalam perjalanan pulang.

"Karena sudah dinyatakan negatif, sehingga sudah tidak membawa virus Corona lagi dalam tubuhnya, ini yang perlu digarisbawahi. Nanti mohon disampaikan kepada warga bahwa yang bersangkutan sudah tidak berpotensi menularkan apa pun terkait Corona," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Rembang Ali Syofii dalam keterangannya, Selasa (31/3/2020).

Ali menyebut pasien itu dinyatakan sembuh pada Selasa (31/3). Pasien itu diketahui bekerja sebagai pekerja bangunan di Bali dan diduga tertular dari rekannya yang dinyatakan positif virus Corona.

"Dia ini pekerja tukang bangunan di Bali. Kemudian dia terpapar dari temannya yang sakit serupa. Dia ini yang mengantar untuk berobat. Kemudian, setelah mengantar itu, dia pulang tanggal 14 (Maret)," paparnya.

Sesampai di Rembang, lanjut Ali, pasien tersebut kemudian merasakan sakit. Kemudian pasien itu periksa ke salah satu dokter praktik swasta yang tak jauh dari rumahnya pada 17 Maret.

"Oleh dokter tersebut, pasien dirujuk ke RSUD Rembang. Di RSUD inilah, oleh dokter spesialis paru-paru, pasien dinyatakan PDP, dan kemudian karena ini merupakan kasus pertama di Rembang, kemarin dirujuk ke RS Wongsonegoro, Semarang, yang memang rumah sakit rujukan Corona," paparnya.

Ali menambahkan para warga yang menjadi orang dalam pemantauan (ODP) virus Corona karena pernah kontak dengan yang bersangkutan kini juga telah selesai masa pemantauannya. Ke-23 ODP itu dinyatakan sehat dan tidak mengalami gangguan kesehatan.

"Semua ODP yang kontak dengannya pada 31 Maret ini sudah 14 hari dan semuanya sehat, sehingga sudah lepas dari risiko penularan," ujarnya.

Meski begitu, Ali meminta masyarakat tetap meningkatkan kewaspadaan seperti yang telah dianjurkan oleh pemerintah dalam upaya pencegahan penyebaran virus Corona. Setelah yang bersangkutan dinyatakan sembuh, otomatis saat ini Rembang tidak ada kasus positif COVID-19.


Sumber: Detik.com