News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

1 Warga Batam Positif Covid-19, Kondisinya Membaik

1 Warga Batam Positif Covid-19, Kondisinya Membaik


Batam - Satu orang warga Batam, Kepulauan Riau (Kepri), dinyatakan positif terpapar virus Corona (COVID-19). Warga Batam berusia 51 tahun tersebut sebelumnya berobat di klinik dan rumah sakit (RS) di Batam.

"Wanita yang tertular tersebut memiliki riwayat perjalanan sebelumnya ke luar daerah, yaitu perjalanan dari Batam ke Bogor, kemudian dari Jakarta dan Yogyakarta pada 21 Februari 2020, dan kembali ke Batam 4 Maret 2020," kata Wali Kota Batam Muhammad Rudi, Kamis (19/3/2020).

Saat ini pasien tersebut dirawat di ruang isolasi di RSUD Embung Fatimah, Batam. Rudi mengatakan saat ini diperlukan upaya mengurangi potensi penyebaran sehingga tidak terjadi penyebaran virus dari orang yang tertular.

Saat diperiksa pada 5 Maret, wanita penderita virus Corona tersebut menderita batuk berdahak. Selanjutnya pasien berobat ke fasilitas kesehatan primer dekat rumahnya.

"Setelah menjalani pengobatan, diketahui kondisinya membaik, persisnya pada 7 Maret 2020 dan sudah tidak ada keluhan lagi," kata Rudi.

Namun, pada Selasa (10/3), pasien tersebut berobat lagi ke fasilitas kesehatan primer kembali. Kemudian dia dirujuk ke salah satu rumah sakit dan langsung menjalani rawat inap sampai Jumat (13/3) hingga diperbolehkan pulang ke rumah.

Namun, sehari berikutnya, pasien tersebut datang lagi ke UGD di rumah sakit tempat dirawat sebelumnya dengan keluhan batuk berdahak, sesak, mual, dan muntah. Pasien tersebut lalu menjadi pasien dalam pengawasan (PDP) COVID-19 dan dirawat di ruang isolasi.

Rudi menambahkan kondisi pasien tersebut terbilang stabil. Pasien tersebut dinyatakan positif Corona setelah hasil pemeriksaan laboratorium dari Kemenkes keluar.

"Dari hasil pemeriksaan yang dikirim ke Kementerian Kesehatan telah diperoleh hari ini dan yang bersangkutan terkonfirmasi positif virus Corona," tutup Rudi.



Sumber: Detik.com

Tags