11 Manfaat Pisang Kepok Bagi Kesehatan



Riau update - Pisang kepok menjadi salah satu jenis buah pisang yang sering di konsumsi oleh masyarakat indonesia. Hal ini bukan tanpa alasan, pasalnya pisang ini memang dikenal memiliki citarasa yang manis. Tekstur dagingnya yang lembut, sehingga lebih enak disantap.

Adapun olahan yang sering dibuat berbahan dasar pisang kepok antara lain: pisang goreng, kolak pisang, bolu pisang, keripik pisang dan jenis makanan olahan lainnya. Rasanya yang manis dan nikmat membuat pisang kepok ini menjadi pilihan yang tepat untuk menemani saat santai bersama keluarga atau teman.

Manfaat Pisang Kepok

1. Mengurangi Kolesterol Dalam Darah

Ekstrak pisang kepok mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Serat terlarut yang mampu diserap sampai ke dalam jaringan tubuh akan mengikat cairan di dalam empedu. Serat terlarut ini akan mengikat kolesterol dalam darah dan selanjutnya dikeluarkan oleh tubuh dalam bentuk feses.

2. Memperlancar Sistem Pencernaan

Baik serat terlarut maupun serat kasar berperan dalam memperlancar proses pencernaan di usus. Serat akan mempertahankan kadar air tetap normal, membantu penyerapan sari-sari makanan oleh usus, membantu ekosistem usus tetap kondusif untuk kehidupan bakteri-bakteri baik sehingga pembentukan feses lancar.

3. Meningkatkan Sistem Imunitas Tubuh

Pisang kepok mengandung potassium yang membantu proses produksi sel darah putih pada kelenjar getah bening. Selain itu, potassium juga membantu setiap proses metabolisme di dalam tubuh kita.

4. Untuk Menurunkan Berat Badan

Pisang kepok memiliki nutrisi yang tinggi. Dalam satu pisang kepok terdapat vitamin B6 yang berfungsi menolong sistem metabolisme atau pencernaan dalam tubuh. Dengan kadar lemah yang rendah sangat tepat untuk menjalankan program diet. Karena tubuh akan merasa kenyang tanpa mencemaskan bentuk badan.

5. Meredakan Penyakit Maag

Buah pisang kepok ini mengandung efek antacid sehingga bisa menetralkan kadar produksi asam lambung berlebihan. Selain itu buah pisang kepok ini sangatlah baik untuk lambung karena mudah dicerna. Buah pisang kepok dapat anda konsumsi dengan berbagai cara sesuai dengan selera anda masing-masing.Dengan mengkonsumsi pisang kepok maka mampu mengatasi dan juga menghilangkan rasa sakit akibat penyakit maag.

6. Sebagai Sumber Potasium

Pisang kepok merupakan sumber makanan yang mengandung zat potassium terbesar dari pada sumber makanan lainnya. jadi bagi anda yang mengalami gejala kekurangan potassium sangat dianjurkan untuk mengonsumsi buah pisang ini ya. potassium merupakan zat yang penting bagi tubuh dan harus selalu terpenuhi kebutuhannya.

7. Menguatkan Tulang

Pisang kepok juga mengandung zat prebiotik yang berperan sebagai pemaksimal penyerapan nutrisi dalam tubuh. salah satu nutrisi yang bisa dibantu penyerapannya oleh zat prebiotik adalah vitamin D dan kalsium sehingga tulang pun akan menjadi lebih kuat. Mengkonsumsi buah pisang kepok dapat membantu untuk mengatasi masalah keroposan tulang atau osteoporosis dan juga masalah tulang.

8. Memperindah Mata

Buah pisang pisang kepok mengandung karoten pada cukup tinggi. Karoten ini merupakan pro vitamin A yang nanti diubah menjadi vitamin A oleh organ hati. Vitamin A inilah yang dibutuhkan oleh sel dan jaringan sekitar organ mata. Kesehatan mata pun tetap terjaga dan memperbaiki sel-sel yang rusak serta mencegah perkembangan sel-sel abnormal.

9. Mencerahkan dan Menghaluskan kulit wajah

pisang kepok mengandung vitamin dan mineral serta patinya yang mampu menyehatkan sel-sel dan jaringan kulit di wajah. Vitamin memberikan nutrisi pada sel-sel dan mengganti sel-sel yang rusak. Mengkonsumsi pisang kepok secara teratur membantu pengecilan pori-pori di wajah sehingga kulit wajah tampak lebih cerah, lebih kencang dan tampak lebih halus.

Demikianlah sedikit informasi mengenai manfaat buah pisang kepok yang perlu anda ketahui.


Sumber: Jualbenih. com