5 Tips Agar Semangat Dihari Senin


Jakarta - Selamat hari Senin. Ini saatnya kembali bekerja setelah dua hari menikmati libur akhir pekan.

Hanya saja meski sudah dua hari libur akhir pekan, masih banyak orang yang enggan kembali bekerja di hari senin. Gejala malas kerja di hari Senin ini dikenal dengan Monday Blues.

Apakah hari Senin Anda dimulai dengan perasaan malas, tak semangat, cemas, sedih, atau stres? Jika ya, ini tandanya Anda terserang 'virus' monday blues.

"Monday blues diartikan sebagai sebuah emosi negatif yang dialami banyak orang di awal minggu kerja jika mereka tak gembira dalam pekerjaannya," kata Alexander Kjerulf, seorang penulis dan pembicara soal kebahagiaan kerja dikutip dari Forbes.

"Ini terdiri dari beberapa elemen yaitu depresi, kelelahan, tak punya harapan, dan perasaan bahwa pekerjaannya tak memuaskan tapi tak bisa dihindari."

Berikut cara-cara menghadapi rasa malas bekerja di hari Senin:

1. Identifikasi masalah

"Hal pertama yang harus dilakukan adalah bertanya pada diri sendiri, ada apa?," kata Kjerulf.

jika Anda mengalami monday blues ini setiap hari maka ini adalah pertanda bahwa Anda tak bahagia bekerja. Anda harus memperbaikinya atau 'move on' mencari pekerjaan baru.

2. Persiapkan Senin dari Jumat

"Senin bisa jadi hari yang membuat stres di tempat kerja karena adanya tumpukan kerja dari minggu sebelumnya. Bagi banyak orang ini bisa sangat menantang untuk kembali bergulat di dalamnya," kata Ryan Kahn, pendiri The Hired Group dan penulis buku Hired!The Guide for the Recent Grad.

Rita Friedman, seorang pakar pekerjaann menyarankan untuk mempersiapkan hari Senin sejak hari Jumat. Artinya, jangan menumpuk pekerjaan untuk hari Senin karena hari Jumat Anda ingin pulang lebih cepat.

3. Pakai baju terbaik

"Berdandan, pakai baju terbaik, siap untuk menjadi sosok positif, dan siap membantu orang untuk jadi lebih positif," kata Deborah Shane, penulis buku tentang karier.

"Senada dengan Shane, Kahn menyarankan untuk menggunakan pakaian terbaik dan kesayangan di hari Senin. Ini akan membantu meningkatkan kepercayaan diri.

4. Dengarkan musik

Mendengarkan musik yang riang akan membantu meningkatkan mood Anda dengan cepat.

"Musik akan berdampak baik pada mood kerja Anda, jadi pilihlah lagi yang bisa Anda nikmati dan bisa membuat Anda tersenyum. Ini akan membantu memancarkan energi di situasi kerja yang suram," kata Todd Dean, CMO dan ci founder Wirkn's, sebuah situs pencari kerja dikutip dari Bustle.

5. Rencanakan 'nongkrong bareng'

Dari pada stres karena banyaknya pekerjaan yang harus dilakukan hari Senin, lebih baik ambil ponsel dan mulainya chat teman-teman atau pacar untuk nongkrong bareng sepulang kerja.

Anda akan merasa lebih baik ketika dikelilingi teman-teman yang membuat senang.

"Kebanyakan orang menunggu sampai akhir pekan untuk menghadiahi dirinya sendiri. Sangat penting untuk menghadiahi diri sendiri di hari Senin, di saat Anda merasa kurang motivasi dan merasa depresi," kata psikolog klinik Kim Chronister.



Sumber: Cnnindonesia.com