7 Manfaat Sabar Bagi Kesehatan (No. 4 Tak Diduga)


Riau update - Dari sekian banyak hal yang mungkin sulit untuk dilakukan, sabar adalah satunya. Bagaimana tidak? Kita dituntut untuk bisa menahan diri dari pelbagai hal yang sebagian besar, tidak mengenakkan baik di hati maupun pikiran. Terlebih lagi, jika hal tersebut menimbulkan luka dan rasa kecewa yang mendalam. Walaupun berat, sabar punya beberapa manfaat, lho. Apa saja manfaat sabar? Bagaimana melatih kesabaran?

Manfaat Sabar bagi Kesehatan Mental
Hidup tak pernah sepi dari yang namanya tantangan dan cobaan. Selalu saja ada hal-hal yang membuat kita jadi marah, sedih, kecewa, dan sebagainya. Sayang, hal-hal tersebut kerap datang secara tiba-tiba sehingga hampir mustahil untuk dicegah.

Tak ada yang bisa diperbuat selain bersabar dan berusaha untuk bangkit dari keterpurukan yang kita alami sambil terus berusaha menggapai apa yang diinginkan. Nah, selain membuat Anda jadi lebih tenang dan fokus dalam menghadapi masalah, sabar membawa sejumlah dampak positif lainnya bagi kesehatan, terutama kesehatan mental.

Apa saja manfaat sabar bagi kesehatan? Yuk, simak informasinya berikut ini.

1. Menghindari Penyakit
Percaya atau tidak, manfaat bersabar bisa mencegah tubuh dari serangan penyakit, lho. Dari hasil studi yang dirilis oleh Journal  of American Medical Association pada tahun 2003, ditemukan fakta bahwasanya orang-orang yang memiliki kesabaran tinggi dalam kehidupannya memiliki risiko terkena darah tinggi (hipertensi) dan bahkan penyakit jantung yang lebih kecil ketimbang mereka yang tidak.

Orang yang tidak sabaran memang cenderung memiliki emosi yang tinggi, yang mana hal tersebut dapat memicu peningkatan tekanan darah di dalam tubuh, pun peningkatan denyut jantung sehingga bisa terkena serangan jantung mendadak.

2. Menghindari Stres
Seperti yang telah disebutkan di atas, manfaat sabar salah satunya membuat kita menjadi lebih tenang dan fokus dalam menghadapi situasi yang tidak menyenangkan atau bikin Anda ‘gregetan’. Dengan begitu, Anda jadi tidak terburu-buru dalam mengerjakan sesuatu.

Sesuatu yang dikerjakan secara terburu-buru hanya akan meningkatkan beban pikiran Anda. Akibatnya, timbullah rasa stres, yang mana stres ini pada kelanjutannya menimbulkan sejumlah penyakit, bahkan tak jarang komplikasi yang mengancam keselamatan jiwa.

3. Meningkatkan Produktivitas
Bekerja atau melakukan aktivitas lainnya secara terburu-buru juga akan berakibat pada terganggunya produktivitas. Percaya atau tidak, pekerjaan yang dilakukan dengan tergesa-gesa hampir dipastikan tidak akan berakhir dengan baik. Anda mungkin bisa menyelesaikan tugas dengan cepat, namun hasilnya? Kemungkinan besar tidak berkualitas sama sekali.

Sementara itu, manfaat sabar akan membuat Anda jadi lebih fokus untuk menyelesaikan tugas dan pekerjaan dengan sebaik-baiknya sehingga produktivitas Anda semakin tinggi.

4. Mencegah Kerusakan DNA
Siapa sangka, manfaat sabar ternyata bisa mencegah kerusakan DNA di dalam tubuh Anda.

Sebuah studi yang dilakukan oleh tim peneliti dari Singapura berhasil menemukan korelasi antara sifat sabar dengan kesehatan DNA, dalam hal ini ialah struktur DNA terkecil yang berfungsi memproteksi DNA dari kerusakan, bernama telomere.

Dikatakan dalam penelitian tersebut bahwa orang yang tidak sabaran memiliki sturktur telomere yang lebih pendek ketimbang orang yang penyabar. Padahal, struktur telomere yang pendek tersebut menyebabkan seseorang rentan terhadap kerusakan DNA yang pada perkembangannya, dapat menyebabkan kematian dini.

5. Hidup Tenteram dan Damai
Manfaat sabar lainnya yang tak kalah penting adalah, membuat hidup Anda terasa tenteram dan juga damai.

Seorang akademisi dari Pace University, New York City, Amerika Serikat, Daniel Baugher, mengatakan jika sifat tidak sabar hanya akan membawa Anda pada kondisi gelisah, marah, bahkan tak jarang membuat seseorang gemar memusuhi orang lain.

Sebaliknya, berperilaku sabar menjadikan hidup terasa ringan, tenteram, dan damai karena Anda mampu melalui segalanya dengan penuh ketenangan sebagai efek dari bersabar.

6. Lebih Menikmati Proses
“Nikmati saja prosesnya”. Ungkapan ini pasti sudah sering Anda dengar, bukan? Ya, nyatanya menikmati dan menghargai  proses dari aktivitas yang kita jalani membuat segalanya terasa lebih menyenangkan. Dan perasaan seperti ini hanya bisa Anda dapatkan jika bisa bersabar.

Percayalah, semua akan indah pada waktunya. Jadi, bersabar dan nikmati saja prosesnya, ya.

7. Mempererat Relasi Sosial
Ketidaksabaran yang Anda miliki tak hanya berdampak buruk bagi diri sendiri, namun juga orang lain di sekitar. Bukan hanya Anda yang emosi, tapi juga rekan-rekan maupun orang terdekat lainnya. Jika sudah begitu, jangan heran Anda akan dijauhi oleh mereka.

Hal ini tentu saja tidak akan terjadi apabila Anda memiliki sifat penyabar. Manfaat bersabar yang satu ini akan menimbulkan citra positif dari diri Anda di mata orang lain, sehingga mereka pun akan selalu senang untuk berinteraksi dengan Anda.

Tips Melatih Kesabaran
Bagaimana, ternyata manfaat sabar itu besar, bukan? Setelah mengetahui manfaat bersabar, kini saatnya bagi Anda untuk sedikit demi sedikit melatih kesabaran demi hidup yang lebih sehat dan bahagia. Apa saja tips melatih kesabaran yang bisa dicoba?


  1.  Selalu bersyukur atas segala sesuatu yang telah dicapai dalam kehidupan
  2. Tanamkan mindset bahwa “segala sesuatu akan indah pada waktunya”
  3. Jadilah pribadi yang mudah memaafkan atas kesalahan orang lain
  4.  Jadilah pribadi yang proaktif
  5. Tarik napas dalam-dalam saat ingin marah
  6. Jangan mudah menyerah, tetap berjuang kendati berat dan harus diisi dengan banyak kegagalan
  7.  Sering-sering belajar dari orang lain bagaimana cara menjadi orang yang sabar
  8. Dekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa


Itu dia informasi mengenai manfaat sabar bagi kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui. Tiada yang lebih menyenangkan selain bisa menjalani hidup dengan tenang dan bahagia, bukan? Jadi, banyak-banyaklah bersabar, ya. Semoga bermanfaat!

Sumber: Doktersehat.com