Bincang Santai Aa Gym dan Ust Abdul Somad Soal Covid-19


Jakarta - KH Abdullah Gymnastiar atau Aa Gym melakukan video conference bincang santai dengan Ustaz Abdul Somad pada Minggu, 29 Maret 2020. Rekaman video bincang santai tersebut kemudian diunggah ke akun media sosial Aa Gym.

Tim Hikmah detikcom sudah mendapatkan izin dari Aa Gym untuk mengutip sebagian isi video tersebut. Salah satu materi pembicaraan dua tokoh agama itu adalah terkait virus corona atau COVID-19 yang saat ini melanda hampir semua negara di dunia. Dalam video conference kali ini, Aa Gym berperan sebagai tuan rumah. Secara berkelakar pimpinan Pondok Pesantren Daarut Tauhiid Bandung, Jawa Barat itu sebagai yang berhak mengajukan pertanyaan.

Kepada Ustaz Abdul Somad, Aa Gym meminta pendapatnya soal polemik sholat berjamaah di masjid dengan sholat di rumah saat terjadi wabah penyakit.

"Kita ini diposisikan pada kalimat 'meninggalkan masjid' jadi kalimat 'meninggalkan masjid' yang melukai hati kita, padahal kita sedang berpindah dari satu sunnah ke sunnah yang lain. Jangan dikatakan kita tinggalkan masjid, buka begitu. Kita sedang berpindah dari sunnah ketika aman dengan sunnah rasulullah ketika masa wabah," jawab Ustaz Abdul Somad seperti dilihat Tim Hikmah detikcom di akun YouTube @Aagym Official, Selasa 31 Maret 2020.

Menurut Ustaz Abdul Somad, dalam kondisi aman tanpa wabah, memakmurkan masjid adalah sunah. Namun di saat ada wabah penyakit seperti sekarang ini, sunahnya adalah memilih keselamatan. "Maka yang kita lakukan juga sekarang adalah sunnah. Sebagaimana kata Rosul, " Larilah dari orang terkena penyakit sebagaimana engkau lari dari singa." Jadi sekarang kita lari dari orang yag terkena penyakit ini juga sunnah......kita tidak tau siapa yang membawa penyakit di masjid itu, bisa orang lain bisa juga kita," kata ustaz yang akrab disapa UAS ini.

Pertanyaan Aa Gym berikutnya terkait pihak yang tetap ke masjid saat ada wabah virus corona atau COVID-19 karena hanya takut kepada Allah SWT. "Tapi ada juga yang mengatakan begini Ustaz , saya tidak takut sama Corona saya lebih takut pada Allah, maka tetaplah dia ke masjid. Ini Gimana ustad?" tanya Aa Gym.

Menurut Ustaz Abdul Somad, dalam pernyataan tersebut ada unsur sombong. "Itu satu sisi ada sombongnya. kita sebagai ahlul sunnah wal jamaah, harus ada ikhtiar, kalau tetap terjadi kita beriman kepada rukun ke enam takdir baik dan tak buruk, tapi sebelum itu harus ada usaha atau ikhtiar dan usaha itu adalah sunnah," jawab UAS.

Ustaz Abdul Somad menegaskan bahwa dalam beragama harus menggunakan ilmu, bukan ikut perasaan. Sayangnya sekarang ini banyak orang beragama modalnya perasaan. "Perasaan saya tidak enak kalau tidak ke masjid. Kalau perasaan dipake terus, wah rasanya enggak enak ini bertayammum kalau tidak pake wudhu. Wah gak enak nih kalau sholatnya dijamak qashar biasanya tepat waktu. Yang benar adalah beragama itu pake ilmu bukan pake perasaan," kata UAS.

Video 'Bincang Santai Aa Gym dengan Ustaz Abdul Somad' yang salah satunya membahas situasi umat saat ada wabah virus corona atau COVID-19 tersebut hingga Selasa, 31 Maret 2020 sudah ditonton 126,891 orang.



Sumber: Detik.com