Harga Bawang Merah Selangit, Ini Biang Keroknya



Jakarta - Harga bawang merah rata-rata nasional tembus Rp 45.500/kg. Di Papua yang tembus Rp 80.850/kg, lalu di DKI Jakarta, Maluku Utara, Kepulauan Bangka Belitung, Papua Barat, Aceh, dan Sumatera Utara harga bawang merah di level Rp 50.350-57.500/kg.

Padahal, menurut Kementerian Pertanian (Kementan) bulan ini sudah memasuki musim panen, sehingga stok dipastikan aman. Kementan juga menyatakan harga bawang merah di sentra produksi Brebes hanya Rp 26.000-28.000/kg. Lantas, apa penyebab harga bawang merah di konsumen melonjak?

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan (Kemendag) Suhanto mengungkapkan, produksi bawang merah di Brebes sebenarnya turun 10%.

"Berdasarkan informasi dari Asosiasi Bawang Merah Indonesia (ABMI), produksi bawang merah di Brebes sebagai sentra produksi bawang merah terbesar saat ini diperkirakan turun 10% akibat hasil tanam yang kurang bagus, sementara stok dari panen sebelumnya sedikit karena banyak yang mengalami kerusakan," terang Suhanto kepada detikcom, Senin (27/4/2020).

Selain itu, harga bibit bawang merah juga mengalami kenaikan hingga 125%, dari Rp 20.000/kg menjadi Rp 40.000-50.000/kg. Hal ini menyebabkan luas tanam juga turun 20-30%.

"Karena yang bisa tanam hanya petani bermodal besar. Menurut Ditjen Hortikultura Kementan, kenaikan harga bibit dan serangan hama (OPT) cenderung lebih tinggi pada musim hujan yang tentunya berimbas juga pada harga di tingkat konsumen," urai Suhanto.

Menurut Suhanto, jika harga bawang merah di Brebes paling tinggi Rp 28.000/kg karena kondisinya masih basah. Sementara proses sampai untuk dikonsumsinya masih panjang.

"Itu dalam posisi masih di lahan, kondisi basah. Sementara masih ada proses lanjutan seperti pengeringan, pembersihan, dan ada faktor susut yang terjadi hingga bawang siap dijual secara eceran," jelasnya.

Dari sisi distribusi pun terjadi penurunan. Pasalnya, truk pembawa bawang merah dari Brebes ke Jakarta berkurang 16%, dari 30 truk/hari menjadi 25 truk/hari.

"Hal ini tergambar dari penurunan pasokan bawang merah ke Ps Induk Kramat Jati yaitu menjadi sekitar 87 ton/hari dalam seminggu terakhir, di bawah pasokan normal 98 ton/hari dengan harga di Ps Induk Kramat Jati saat ini Rp37.000/kg," tutup Suhanto.


Sumber: Detik.com