Hasil Rapid Test, 2 Warga Selatpanjang Positif, Ini Penjelasan Tim Gugus Tugas Covid-19


foto : ilustrasi


MERANTI - Dua warga Selatpanjang, Kecamatan Tebingtinggi, Kabupaten Kepulauan Meranti dinyatakan Positif dari hasil Rapid Tes oleh Tim Gugus Tugas Covid-19.

Keduanya, Laki-laki berumur 26 tahun dan 40 tahun warga Selat Panjang,  Meranti. 

Pasien pertama dilakukan Rapid Tes oleh Tim Gugus Tugas Covid-19 pada 9 April 2020, dan pasien kedua baru siang tadi 11 April 2020, dan telah diisolasi di ruangan khusus RSUD setempat.

Ini dibenarkan Juru bicara Tim Gugus Tugas Covid-19 Kepulauan Meranti, Muhammad Fahri, Sabtu (11/4/20) sore ketika dikonfirmasi. 

Namun, Fahri menegaskan, positif hasil Rapid Tes itu belum bisa menentukan kedua Laki-laki tersebut positif terjangkit Corona Virus Desease (Covid-19).

Menurutnya, Orang yang hasil rapid test-nya positif perlu melakukan pemeriksaan polymerase chain reaction (PCR) yang bisa mendeteksi langsung keberadaan virus Corona, Tes PCR inilah yang memastikan apakah seseorang positif  atau negatif terinfeksi virus Corona.

"Sekarang mereka adalah Pasien Suspect atau Pasien dalam pengawasan (PDP), kita selanjutnya tunggu hasil PCR untuk menentukan Positif atau Negatif terjangkit Covid-19,"ungkap Fahri.

Untuk diketahui, dari data perjalanan kedua pasien Suspect tersebut, Pasien asal Kampung Baru diketahui melakukan perjalanan dalam 2-3 pekan lalu ke Baten dan Jakarta.

Sementara Pasien Asal Tanjung Mayat, Selatpanjang Kota, dikabarkan melakukan perjalanan dari Negara Filipina dan Malaysia.

Dan seluruh orang terdekat dan berkontak erat dengan kedua Pasien juga telah di Rapid Tes oleh Tim Gugus Tugas Covid-19, lebih 20 orang tersebut dinyatakan Negatif.

Namun, sebelum hasil Positif atau Negatif Covid-19 dipastikan, seluruh orang disarankan isolasi mandiri dan tidak melakukan aktivitas di publik. (RA)