Negara Lain Belum Terbebas Dari Lock Down, Denmark Segera Membuka Diri



Ilustrasi negara Denmark. Foto: (Thinkstock)

Copenhagen - Denmark mulai melonggarkan lockdown dengan berencana membuka sekolah dan penitipan anak pada 15 April 2020. Sementara itu, negara lain belum usai bertarung dengan virus Corona.
Langkah ini merupakan tahapan awal pelonggaran lockdown yang sudah 3 minggu mereka lakukan untuk menghalau penyebaran virus Corona atau COVID-19. Hal tersebut disampai Perdana Menteri Denmark, Mette Frederiksen, pada Rabu (8/4/20).

Negara nordik itu merupakan negara pertama di Eropa yang menutup negaranya akibat virus Corona. Usaha tersebut berbuah hasil dimana angka pasien dan kematian akibat COVID-19 berangsur menurun.

Saat ini Denmark tengah berupaya untuk menstabilkan keamanan populasi dan risiko ekonomi setelah resesi hebat yang tak hanya mereka alami sendiri melainkan seluruh negara di dunia.

“Ini mungkin seperti berjalan di atas tali. Jika kita berdiri diam di sepanjang jalan, kita bisa jatuh dan jika kita berjalan terlalu cepat, itu bisa salah. Oleh karena itu, kita harus mengambil satu langkah dengan hati-hati pada satu waktu,” kata Frederiksen dalam konferensi pers sebagaimana diwartakan Reuters.

Sebelumnya, Denmark mengumumkan untuk menutup sekolah, tempat penitipan anak, restoran, kafe dan gym, dan menutup seluruh pintu masuk untuk turis asing.

Pada pelonggaran lockdown tahap pertama ini, penitipan anak dan sekolah sampai kelas 5 SD akan dibuka pada 15 April. Selain itu para orang tua juga diizinkan melakukan aktivitas normal.

Kegiatan yang masih dilarang dilakukan adalah pertemuan yang melibatkan lebih dari 10 orang. Kegiatan ini boleh dilakukan mulai 10 Mei. Sementara pertemuan dalam jumlah lebih besar dilarang dilakukan sampai Agustus.

Frederiksen juga mengimbau segala aktivitas yang akan kembali dilakukan masyarakat harus tetap mematuhi aturan pemerintah seperti menjaga jarak dan kebersihan.

Tingkat kematian di Denmark memang terus menurun menjadi 7 orang di hari Minggu (5/4) setelah sebelumnya 14 orang meninggal di hari Sabtu dan 18 orang di hari Jumat. Secara keseluruhan, jumlah kasus Corona di Denmark mencapai 4.681 kasus dimana 187 orang meninggal.

Selain Denmark, negara Eropa yang juga mulai membuka diri adalah Austria. Negara itu akan mulai membuka sejumlah toko sehari setelah Paskah.***




Sumber : Detik.com