Indonesia & Korea Bikin Vaksin Corona, Uji Coba Juni



Jakarta -  PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe) menandatangani nota kesepahaman dengan Genexine, Inc. perusahaan obat biologi dari Korea Selatan. Penandatanganan ini menandai Kerja sama mengembangkan vaksin Corona (COVID-19)

Kalbe dan Genexine sepakat untuk melakukan uji klinik GX-19 di Indonesia, yakni pengembangan vaksin DNA terhadap virus Corona baru oleh konsorsium dengan Genexine, Binex, the International Vaccine Institute (IVI), GenNBio, the Korea Advanced Instituteof Science & Technology (KAIST), and Pohang University ofScience & Technology (POSTECH).

"Uji klinik vaksin COVID-19 rencananya akan dilakukan di bulan Juni 2020," demikian pernyataan pihak Kalbe dikutip dari keterbukaan informasi BUrsa Efek Indonesia (BEI), Jumat (29/5/2020).
Menurut surat keterbukaan Kalbe kepada BEI riset vaksin ini sendiri telah dilakukan kepada Primata dan telah terbukti menghasilkan antibodi yang mampu menetralisir virus Corona baru, sehingga tahap berikutnya akan diuji kepada manusia.

"Kalbe akan menggandeng lembaga pemerintah terkait untuk berkolaborasi mengembangkan vaksin COVID-19 ini sehingga proses penelitiannya berjalanl ancar dan hasilnya dapat dimanfaatkan untuk kepentingan kesehatan masyarakat Indonesia," ujar Kalbe dalam keterbrukaan informasi kepada BEI.

Sebagaimana diketahui, Kalbe menjalin kerja sama denganGenexine Inc., perusahaan obat biologi asal Korea Selatan,membentuk PT Kalbe Genexine Biologic (KGBio), sebuahperusahaan joint venture dalam mengembangkan danmembuat bahan baku obat-obatan bioteknologi di Indonesia.

Sumber: Detik.com