Jemaah An Nadzir Gowa Gelar Salat Idul Fitri Sabtu 23 Mei



Makassar - Jemaah An Nadzir di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan akan melaksanakan salat Idul Fitri pada lusa. Keputusan ini disepakati oleh tim 7 pimpinan jemaah An Nadzir berdasarkan metode pemantauan pergerakan bulan dan pengamatan pasang air laut di beberapa lokasi.

"Kami perkirakan puncak bulan Ramadhan dan masuknya bulan Syawal pada Jumat siang sekitar pukul 14.00 WITa, kami tetap berpuasa hingga siang besok, salat Idul Fitri kami selenggarakan Sabtu (23/5) pagi nanti," ujar pimpinan jemaah An Nadzir Ustaz Samiruddin Panemmui saat dihubungi Detikcom, Kamis (21/5/2020).

Menurut Samiruddin, salat Idul Fitri berjemaah akan digelar di masjid perkampungan An Nadzir di Mawang, Kecamatan Bontomarannu, Gowa, dan akan dihadiri sekitar 500 anggota jemaah.

Samiruddin juga mengaku telah berkoordinasi dengan aparat Polres Gowa dan Polsek setempat seperti tahun-tahun sebelumnya, untuk proses pengamanan kelancaran proses ibadah anggota jemaah An Nadzir.

"Kami telah laporkan hasil keputusan kami terkait salat Idul Fitri ke pihak kepolisian, salat Id digelar dengan protokol kesehatan untuk mencegah Corona, seperti menggunakan masker dan hanya diikuti anggota jemaah di perkampungan An Nadzir sendiri," tambah Samiruddin.

Sementara itu terkait penentuan masuknya 1 Syawal 1441 Hijriyah, jemaah An Nadzir memiliki beberapa tahapan, mulai dari pemantauan dari awal, pertengahan, dan akhir Ramadan, dengan mengintai posisi terbitnya bulan.

Termasuk juga memantau pasang surutnya tinggi permukaan air laut di beberapa titik lokasi, seperti di Bone, Palopo, Takalar, dan Kolaka. Seperti diketahui sebelumnya, Jemaah An Nadzir sehari lebih dulu dibandingkan jadwal yang ditetapkan Kementerian Agama, Kamis, 23 April lalu.

"Untuk mengetahui pergantian bulan Ramadan ke bulan Syawal, maka kita akan konfirmasikan pantauan anggota tim di lapangan untuk mengetahui pasang puncak air laut Jumat siang esok," pungkasnya.


Sumber: Detik.com