News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Kisah Agus, TKI dari Taiwan yang Terpaksa Bermalam di Bandara Soetta

Kisah Agus, TKI dari Taiwan yang Terpaksa Bermalam di Bandara Soetta



Tangerang - Salah satu tenaga kerja Indonesia (TKI) dari Taiwan mengaku akan bermalam di area Bandara Soekarno Hatta (Soetta), Cengkareng, Tangerang. Hal itu karena penerbangan menuju Bandar Lampung baru terjadwal esok pagi.

Agus Julianto mengaku baru tiba di Indonesia sekitar pukul 13.00 WIB. Dia tiba bersama dengan dua orang lainnya yang sama-sama akan menuju Bandar Lampung.

"Iya, kami tinggal sementara di sini dulu sampai besok karena rencana penerbangan jam 9 pagi naik Garuda," kata Agus, Sabtu (9/5/2020).

Agus menambahkan, alasan penerbangan pada pagi hari membuat dia terpaksa menginap di area Bandara Soetta ketimbang mencari tempat penginapan sementara di luar area bandara.

"Iya, karena kami berangkat pagi. Besok dibilang jam 7 sudah harus di sini. Jadi mau tidak maulah," imbuhnya.

Dia bercerita terkait protokol kesehatan yang harus dilalui untuk bisa sampai di Indonesia. Agus menyebutkan, ketika masih berada di bandara Taiwan, pihaknya hanya diperiksa suhu badan.
Namun, sesampai di Jakarta, ada beberapa persyaratan yang harus dia lalui sampai bisa diizinkan pulang ke Bandar Lampung.

Ia menjalani rapid test hingga mengisi sejumlah dokumen.

"Alhamdulillah, tadi hasilnya negatif. Kalau positif kan nggak diizinin," sambung Agus.
Lebih lanjut Agus mengatakan alasan kontrak kerja yang telah selesai di Taiwan membuat dirinya harus kembali ke Indonesia. Dia mengaku ingin beristirahat sejenak bersama keluarga di Bandar Lampung setelah bekerja 3 tahun sebagai tenaga operasional mesin pabrik suku cadang kendaraan di Taiwan.

"Memang kontrak di sana sudah habis ya. Jadi sudah habis kerja, makanya mau tidak mau ke sini pulang dulu untuk istirahat," pungkasnya.

Pantauan detikcom, terdapat posko protokol kesehatan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Bandara Soetta di Terminal 3. Lima petugas kesehatan bertugas melakukan pengecekan kesehatan calon penumpang.

Hingga sore ini, Bandara Soekarno-Hatta terpantau lengang. Tidak banyak calon penumpang meski penerbangan untuk penumpang dengan memenuhi persyaratan khusus ditelah dibuka sejak Kamis (7/5).



Sumber: Detik.com

Tags