Saat Ramadhan Masjid di London Lantunkan Adzan, Ada Seruan Sholat di Rumah



Jakarta - Masjid-masjid di Waltham Forest, London Timur, Inggris mengumandangkan panggilan adzan selama bulan Ramadhan. Hal itu dilakukan agar umat Islam tetap terhubung selama masa lockdown.

Dewan setempat, Waltham Forest Council memberikan izin kepada masjid untuk mengumandangkan adzan dari menara setiap hari saat matahari terbenam. Selain itu, adzan juga boleh dikumandangkan pada Jumat siang pukul 13.00 atau saat sholat Jumat biasanya dilaksanakan.

Keputusan tersebut dilakukan agar umat Islam bisa tetap terhubung secara spiritual dengan masjid. Dikutip dari Arab News, lantunan adzan dikumandangkan dengan pesan berbahasa Arab agar 'sholat lah di rumahmu'.

Menurut Dewan masjid setempat, Waltham Forest Council of Mosques (WFCOM) ada 70.000 Muslim yang tinggal di sana. Sembilan masjid di antaranya pun mengumandangkan adzan dengan pesan tersebut.

Sekretaris WFCOM, Said Looch mengatakan masjid pertama yang mengumandangkan adzan di tengah lockdown adalah Masjid Al-Manaar di London Barat. Adzan tersebut dikumangkan saat matahari terbenam setelah mendapat izin dari hasil uji coba Royal Borough di Kensington dan Chelsea.

"Setelah melihat Masjid Al-Manaar mengumandangkan adzan secara luas di awal Ramadhan, kami berbicara kepada Waltham Forest Council dan bertanya apakah kami bisa mengumandangkan adzan di tempat umum," jelas dia.

"Kita jelaskan umat Islam merasa terputus (hubungan) dengan masjid karena tidak bisa ke sana selama lockdown virus corona. Selama Ramadhan, biasanya kami melakukan buka puasa bersama dan sholat tarawih. Kami merasa ini menjadi cara yang baik untuk memberikan dukungan spiritual dan mengingatkan agar tetap sholat di dalam rumah. Waltham Forest Council pun menerima proposal," sambung dia.

Selain itu, WFCOM juga memberikan penjelasan kepada masyarakatnya atas keputusan izin itu. Ia menyediakan kolom pendapat terkait kumandang suara adzan kepada masyarakatnya di situs web. Menurut Looch, sebagian besar komentar bernada positif.

"Kami mengundang orang-orang untuk memberikan komentarnya di situs web kami. Meskipun kami menerima beberapa komentar Islamophobia, kami juga menerima ratusan pesan positif dari Muslim dan non-Muslim. Komentarnya sangat positif," jelasnya.

Sementara itu, East London Mosque dan London Muslim Center di Whitechapel menjadi masjid pertama di Inggris yang bisa mengumandangkan adzan secara umum dari pukul 7 pagi hingga 7 malam sejak dibuka pada 1985.



Sumber: Detik.com