News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Tak Hanya Atasi Batuk, Jahe Bisa Kontrol Gula Darah dan Turunkan Berat Badan

Tak Hanya Atasi Batuk, Jahe Bisa Kontrol Gula Darah dan Turunkan Berat Badan

Foto: Ilustrasi Shutterstock


Riau Update - Jahe memang menjadi salah satu bumbu masak yang memiliki banyak khasiat. Selain digunakan untuk bumbu masakan, ternyata jahe pun bisa digunakan sebagai obat loh. 

Caranya cukup mudah, dan tidak perlu menjadi olahan sulit yakni dengan merebus jahe tersebut. 
Rebusan air jahe sering dikonsumsi untuk memberikan kehangatan pada tubuh dan meredakan batuk.
Mengonsumsi jahe bisa membantu mencegah dan menyembuhkan peradangan. Dilansir dari Healthline, berdasarkan hasil penelitian, jahe bisa mengurangi reaksi alergi. 

Selain itu, mengonsumsi suplemen yang mengandung jahe bisa meredakan nyeri otot setelah berolahraga. Jahe mengandung antioksidan yang bisa membantu mencegah penyakit jantung, neurodegenartif, kanker, gagal ginjal, tumor, dan gejala penuaan. Berikut adalah manfaat air jahe.


Membantu pencernaan 
Meminum air jahe secara teratur bisa membantu meringankan gangguan pencernaan, muntah, dan mual. 


Hidrasi 
Mengonsumsi air jahe bisa membuat tubuh Anda terhidrasi dengan baik. Banyak dari kita yang tidak mengonsumsi air putih yang cukup setiap hari. Untuk mengatasi hal ini, cobalah meminum segelas air jahe di pagi hari atau sesuai keinginan. 



Mengontrol gula darah
Sebuah penelitian menunjukkan bahwa jahe bisa memperbaiki kadar gula darah pada penderita diabetes. Selain itu, jahe juga bisa membantu mengatasi masalah kesehatan yang disebabkan oleh diabetes kronis. 


Kolesterol 
Sebuah penelitian baru-baru ini mengungkapkan bahwa jahe bisa mengurangi penanda penyakit jantung seperti aktivitas arginase, kolesterol LDL, dan trigliserida. 


Penurunan berat badan 
Bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan, Anda bisa mengombinasikan diet sehat dan olahraga dengan mengonsumsi air jahe. Dalam sebuah studi, jahe bisa menekan obesitas pada tikus.
Sedangkan studi lain menunjukkan bahwa meminum air jahe panas setelah makan bisa membuat rasa kenyang bertahan lebih lama. Selain itu, jahe membantu tubuh menjaga keseimbangan gula darah sehingga mencegah Anda makan berlebihan.
 



Sumber: Okezone.com

Tags