Data Statistik: Messi Lebih Baik daripada Ronaldo


Lionel Messi lebih baik ketimbang Cristiano Ronaldo menurut data statistik. (Foto: Ben Stansall/AFP Photo)
 Barcelona - Data statistik menunjukkan Lionel Messi lebih baik ketimbang Cristiano Ronaldo. Permainan La Pulga lebih konsisten dalam sedekade terakhir daripada sang rival.

Messi dan Ronaldo memang mendominasi persaingan pemain terbaik dunia dalam sepuluh tahun terakhir. Perdebatan soal siapa yang paling hebat di antara keduanya menjadi topik pembicaraan para penggemar yang belum ada habisnya.

Ronaldo sudah meraih kesuksesan bersama Manchester United, Real Madrid dan Juventus, serta mengoleksi lima gelar Liga Champions dan lima Ballon d'Or. Sementara Messi sudah banyak merengkuh piala bareng Barcelona dan memiliki enam trofi Si Bola Emas.

Perdebatan tersebut kemudian coba diselesaikan WhoScored lewat statistik Messi-Ronaldo. Melansir The Sun, WhoScored menghitung lebih dari 20 set data selama sedekade terakhir buat menemukan siapa yang paling pantas menyandang titel pemain terbaik.

Hasilnya, Messi menjadi pemain yang lebih oke ketimbang Ronaldo. Kapten Barcelona itu mendominasi papan atas La Liga dengan rating setiap pertandinganya mencapai rata-rata 8.6/10 selama sepuluh tahun terakhir.

Ada pun Ronaldo hanya mengoleksi rataan rating sebesar 8.3/10 per pertandingan selama kariernya di Real Madrid dan Juventus. Bintang asal Portugal itu cuma bisa sekali sejajar dengan Messi, yakni pada musim 2013/2014 dengan keduanya sama-sama mendapat nilai 8.3/10.

Berikut ini data statistik WhoScored terkait rating permainan Messi-Ronaldo dalam sedekade terakhir.
 


Sumber: Detik.com