Sri Mulyani Ungkap Niat Pemerintah soal Lomba Video New Normal Berhadiah Rp 168 M


Foto: ANTARA FOTO
Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menceritakan niat pemerintah mengenai lomba video inovasi new normal. Program tersebut belakangan ini viral lantaran berhadiah Rp 168 miliar.

Sri Mulyani menjelaskan niat pemerintah membuka lomba video inovasi new normal tersebut sebagai stimulus serta menjadi acuan pemerintah dalam menggerakkan kembali perekonomian pada tatanan normal baru atau new normal, khususnya di sektor perdagangan.

"Bicara masalah perdagangan, kalau kita mau buka pasar tradisional sampai mal, protokol kesehatannya gimana?," kata Sri Mulyani dalam video conference, Sabtu (27/6/2020), saat dikutip Detik.com

Salah satu yang dilakukan pemerintah adalah menyampaikan kepada pemerintah daerah agar membuat protokol kesehatan dengan cara sayembara melalui Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

"Kita sayembarakan mana yang paling bagus, kita kasih hadiah sama Pak Mendagri, duit ini cash supaya mereka langsung bikin untuk kampanye, mulai dari perdagangan yaitu pasar sampai madrasah sekarang, pesantren, sekolah, itu semuanya melakukan protokol kesehatan, supaya mulai terjadi aktivitas, namun mulai protokol kesehatan," jelasnya.

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini menambahkan perekonomian nasional beberapa bulan terakhir tertekan akibat pandemi virus Corona alias COVID-19. Terbukti pada kuartal I-2020 pertumbuhannya melambat ke 2,97%, pada kuartal II diperkirakan -3,8%.

Perekonomian Indonesia tidak bisa bergerak lantaran banyak sektor terkunci akibat penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Untuk memulihkannya lagi, pemerintah ingin membuka kembali sektor perekonomian yang selama ini terdampak namun dengan protokol kesehatan yang sudah ditetapkan.

"Sekarang pemerintah itu membobol kemacetan ekonomi. Kalau kemudian kuarta-II kontraksi tidak terlalu dalam, dan kuartal III mulai pulih, makanya ini dari suatu proses yang kita bangun," ungkapnya.