Golkar Resmi Serahkan Surat Keputusan Untuk 4 Bakal Calon Pilkada di Riau



JAKARTA - DPP Partai Golkar resmi menyerahkan surat keputusan (SK) untuk empat pasang bakal calon bupati dan wakil bupati yang akan bertarung pada Pilkada di Riau, Desember mendatang.

Ke empat SK calon kepala dan wakil kepala daerah dari Kabupaten Pelalawan diberikan kepada Ade Sukemi-M Rai. Kuansing Andi Putra-Suhardiman Amby. Indragiri Hulu, Rezita Meylani-Junaidi dan Siak, Said Arif Fadillah-Sujarwo.

Penyerahan SK tersebut langsung diberikan oleh Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto di Kantor DPP Golkar Slipi, Jakarta Barat, Ahad (12/7/2020).

Ketua Pemenangan Pemilu Sumatra 1 Idris Laena mengatakan, setidaknya ada sembilan bakal calon kepala daerah yang akan bertarung di Provinsi Riau. Namun kata dia, baru empat daerah yang SK-nya baru diterbitkan DPP Golkar. Sisanya masih diproses. 

"Baru empat daerah yang terbit SK-nya. Dua sedang dalam proses penerbitan SK. Serta tiga daerah masih menunggu hasil survey," kata Idris Laena melalui keterangan tertulisnyadi Jakarta, Ahad  (12/7/2020), dikutip Riaupos.co.

Idris Laena menjelaskan, proses penetapan calon dari Partai Golkar melalui proses yang panjang. Mulai dari rekomendasi Ketua DPD Kabupaten/Kota yang mengusulkan bakal calon terbaik kepada DPD Provinsi yang kemudian mengerucutkan menjadi  tiga bakal calon dan meneruskan kepada DPP Golkar.

Terhadap calon yang diusulkan oleh DPD Provinsi tersebut, kata Idris. Tim seleksi DPP Partai Golkar melakukan pembahasan dengan mempertimbangkan hasil survey dan masukan dari tokoh masyarakat.

"Yang jelas sesuai dengan pernyataan Ketum DPP Partai Golkar Airlangga Hartaro dan Waketum/Korbid PP Ahmad Doli Kurnia, bahwa bakal calon yang diusung pasti memperioritaskan kader Partai Golkar," jelasnya.

Golkar sendiri, kata Idris menargetkan kemenangan 60 persen dari total keseluruhan Pemilukada di Riau. "Target Golkar pada Pemilukada di Riau yang akan diselenggarakan pada bulan Desember 2020 ini adalah 60 persen," tandasnya.