Hari Kedua Webinar SKK Migas yang Mengulas Jurnalisme Data dan Visualisasi Berita



PEKANBARU - Pada hari kedua penyelenggaraan Webinar dengan tema Jurnalisme di Era Digital sebagai Transformasi dan Tantangan Terkini oleh SKK Migas dan KKKS Wilayah Riau bekerjasama dengan lima organisasi wartawan di Provinsi Riau, Rabu (15/7/2020), membahas soal jurnalisme data yang menjadi hal penting dalam penyajian berita.

Dalam hal ini, panitia menghadirkan narasumber yang berkompeten, yaitu Chief Content katadata.co.id Heri Susanto. Selain itu, Webinar tersebut juga membahas soal teknik visualisasi berita dengan menghadirkan narasumber dari Wakil Pemimpin Redaksi Beritasatu TV, Adi Prasetya. Kedua narasumber ini menjabarkan materi dengan sangat apik.

Heri Susanto pada sesi tersebut mengatakan, bahwa jurnalisme data bukan hal yang baru di Indonesia. Hanya saja belum banyak media di Indonesia yang menerapkan berita berbasis data tersebut.

Lebih lanjut kepada para peserta Webinar, dia menjabarkan teknis dalam pengelolaan data yang kemudian dikelola menjadi sebuat berita.

Kegiatan itu dipandu oleh Ketua AJI Pekanbaru, Firman Agus sebagai moderator. Pemimpin Redaksi Riau Pos dan Riaupos.co ini sangat interaktif memandu jalannya Webinar tersebut, terbukti dengan banyaknya pertanyaan yang disampaikan peserta webinar kepada narasumber yang dikemas secara menarik.

Pada kesempatan itu seluruh peserta dari wartawan di Riau turut mencermati jalannya Webinar yang digelar selama dua hari, 14 dan 15 Juli 2020 ini.

Sedangkan pada hari pertama, Webinar tersebut lebih konsen mengupas tentang proses digitalisasi yang telah diterapkan dalam proses migas di Indonesia.

Pada kesempatan itu, tiga narasumber dari SKK Migas, PT Chevron Pacific Indonesia dan dari Kompas Grup membersamai jalannya webinar. Sesi pertama tersebut dipandu oleh Ketua PWI Riau Zulmansyah Sekedang.

Pjs Kepala Perwakilan SKK Migas Sumbagut Haryanto Syafri menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh peserta yang mengikuti webinar kali ini.

Webinar yang diselenggarkan SKK Migas Sumbagut - KKKS Wilayah Riau dengan Organisasi Wartawan Riau ini merupakan kegiatan pertama yang melibatkan beberapa organisasi wartawan dengan metode virtual. Metode virtual dilaksanakan adalah dalam rangka silaturahmi dan berbagi informasi tentang sektor hulu migas dan industri media serta dalam rangka ikut melakukan pencegahan terhadap penularan Covid-19

"Kendati pandemi Covid-19 masih terjadi di Provinsi Riau, tapi SKK Migas Sumbagut dan KKKS Wilayah Riau tetap memberikan edukasi terkait perkembangan dan isu seputar hulu migas dan bagaimana jurnalis dan media menghadapi situasi yang sangat berdampak pada pertumbuhan perusahaan pers saat ini. Kami menyampaikan terimakasih kepada seluruh pimpinan organisasi yang telah bersama-sama melaksanakan kegiatan Webinar kali ini dan kami harapkan sinergi yang sangat baik ini dapat terus tingkatkan sehingga kami dapat memberikan update terbaru tentang operasional hulu migas khususnya di Provinsi Riau," tutur Haryanto Syafri, dikutip Riaupos.co.

Ketua Panitia Webinar, Abdul Ghafur, mengatakan bahwa setelah webinar dilaksanakan, selanjutnya para peserta dapat mengikuti lomba karya tulis dan videografi jurnalistik.

“Kami berharap agar rekan-rekan media turut berpartisipasi dalam lomba dengan total hadiah Rp 66 juta," katanya.

KKKS Riau yang berpartisipasi antara lain Energi Mega Persada (EMP) Bentu Ltd, EMP Malacca Strait SA, BOB PT BSP– Pertamina Hulu, PT SPR Langgak, PHE Siak, PHE Kampar dan Pertamina EP Lirik.

Sementara organisasi wartawan yang turut serta adalah Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Aliansi Jurnalis Independen (AJI), Pewarta Foto Indonesia (PFI), Persatuan Jurnalis Indonesia (PJI) dan Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI).