Jendral Polisi ini Jatuh Sakit Setelah Ketahuan Kawal Buronan Kelas Kakap, Berikut Jejak Karirnya




Jakarta - Setelah ketahuan mengawal buronan kelas kelas kakap Djoko Tjandra ke Pontianak, Kalimantan Barat, Brigjen Prasetijo Utomo jatuh sakit dan saat ini masih dinyatakan menjalani perawatan medis di Rumah Sakit, sehingga Divisi Propam Mabes Polri masih terkendala memeriksanya.. 

Demikian disampaikan Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Awi Setiyono yang juga membenarkan informasi Brigjen Prasetijo dan terdakwa kasus cessie Bank Bali, Djoko S Tjandra berada dalam satu pesawat, penerbangan dari Jakarta menuju Pontianak.

“Info yang kita dapat yang bersangkutan satu pesawat dengan DPO Djoko Tjandra," kata Awi Setiyono di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (20/7/2020), saat dikutip Cakaplah.com.

Namun ditegaskannya, hingga saat ini Divisi Propam Mabes Polri masih terkendala memeriksa Brigjen Prasetijo, sehingga belum bisa mengklarifikasi kejadian itu kepada Brigjen Prasetijo.

"Sebab, dia masih dirawat di RS Polri Kramat Jati karena darah tinggi setelah dicopot Kapolri Jenderal Idham Azis," lanjutnya.

Pada pemberitaan sebelumnya di sejumlah media Kadiv Humas Mabes Polri, Argo Yuwono, mengatakan berdasarkan hasil pemeriksaan sementara terkait surat jalan buron terpidana kasus pengalihan utang atau cessie Bank Bali, Djoko Tjandra, yang dikeluarkan oleh Bareskrim Polri melalui Biro Koordinasi dan Pengawasan PPNS, menjadi penyebab dicopotnya Brigjen Prasetijo dari jabatan Kepala Biro Koordinasi dan Pengawasan PPNS Bareskrim Polri.

Argo Yuwono menuturkan, Brigjen Prasetijo membuat surat tersebut atas inisiatifnya sendiri.
"Dalam pemberian atau pembuatan surat jalan tersebut, Bapak Kepala Biro tersebut adalah inisiatif sendiri dan tidak izin sama pimpinan," kata Argo di Gedung Bareskrim, Jakarta Selatan, Rabu (15/7/2020).

Dari data yang diperoleh IPW, surat bernomor SJ/82/VI/2020/Rokorwas tertanggal 18 Juni 2020 tersebut ditandatangani oleh Kepala Biro Koordinasi dan Pengawasan PPNS Bareskrim Polri Brigjen Prasetijo Utomo.

Dalam surat itu, Joko Tjandra disebut melakukan perjalanan dari Jakarta ke Pontianak dengan pesawat terbang untuk keperluan konsultasi dan koordinasi.

Tertulis pula Joko Tjandra berangkat pada 19 Juni 2020 dan kembali pada 22 Juni 2020.
Sementara dari hasil penelusuran dari berbagai sumber berikut perjalanan jejak karir Brigjen Prasetijo.
  •  Brigjen Prasetijo Utomo lahir di Jakarta 16 Januari 1970.
  • Alumni angkatan polisi (Akpol) pada tahun 1991.
  • Sebelum menjabat Karokorwas PPNS Bareskrim Polri, Prasetijo sebelumnya menjabat sebagai Kabagkembangtas Romisinter Divhubinter Polri.
  •  Brigjen Prasetijo Utomo juga pernah menjabat sebagai Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Sumatera Selatan.
  • Selain itu Brigjen Prasetijo Utomo juga pernah menjabat sebagai Wakil Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Jawa Timur.
  • Brigjen Prasetijo Utomo juga pernah menjabat sebagai Wadirkrimum Polda Jawa Timur.
  • Serta pernah menjabat sebagai Kapolres Mojokerto Jawa Timur.