Mengeluh Demam, Lansia 80 Tahun Positif



PEKANBARU - Beberapa hari belakangan hanya mengalami satu penambahan kasus positif. Tiga pasien terkonfirmasi positif, Senin (13/7/2020) sore ini.

Kronologis, tiga pasien positif ini. Untuk pasien nomor 241 yakni tuan R warga Kampar, diketahui berawal dari rapid tes yang hasilnya reaktif.

Selanjutnya, di hari Sabtunya tanggal (21/7/2020) langsung dilakukan
pemeriksaan Swab disalah satu Rumah Sakit Umum Daerah di Kabupaten Kampar. 

''Hasilnya dinyatakan positif Covid-19,'' sebut Juru bicara Tim Gugus Tugas Provinsi Riau, dr Indra Yovi, Senin (13/7/2020), dikutip dari Klikmx.com.

Untuk pasien nomor 242 yakni tuan R (26) adalah warga Provinsi Sumatra Selatan. Ia dalam keperluan melakukan perjalanan ke Provinsi Riau untuk bekerja disalah satu perusahaan yang ada di Kabupaten Siak. 

Tuan R dinyataian positif, berawal dari ketentuan ditempat perusahaan tersebut yang mengharuskan setiap pegawai untuk dilakukan Rapid Test. 

Dari hasil yang dinyatakan reaktif. Pada hari Sabtu (11/7/2020) langsung dilakukan tes swab disalah satu Rumah Sakit di Kota Pekanbaru.

''Ternyata hasilnya positif Covid-19,'' terang Yovi. 

Dari hasil wawancara kepada tuan R, ia tidak mengetahui riwayat penularannya. Ia juga mengakui tidak memiliki riwayat kontak erat dengan pasien positif covid-19.

Orang terakhir yang positif adalah Nyonya F, usia 80 tahun warga Siak. Ia awalnya, ingin berobat karena mengalami demam disertai hasil Rontgen Pneumonia.

Karena ada gejala, dilanjutkan dengan pemeriksaan rapid test, pada Jumat (10/7/2020) dengan hasil reaktif.

''Nyonya F dinyatakan positif, setelah dilakukan pemeriksaan PCR dengan hasil yang dinyatakan Positif Covid-19, pada Sabtu (11/7/2020),'' sebut Yovi. 

Pihaknya, diakui Yovi, belum mengetahui riwayat penularan dari Nyonya F. Karena tidak memiliki Riwayat perjalanan dan riwayat kontak erat dengan pasien positif covid-19.

Informasinya, sebut Yovi, ada kabar baik yang kita syukuri adalah penambahan tiga pasien covid-19 yang dinyatakan sembuh.

Mereka adalah Tuan ES, yang merupakan warga Kabupaten Rokan Hulu. Kemudian, Nyonya SA (32) yang merupakan warga Kabupaten Kuantan Singingi. Selanjutnya, tuan MH (40) yang merupakan warga Kota Pekanbaru.

Maka atas penambahan tiga kasus ini, total pasien positif di Riau menjadi 143 orang.
Rinciannya, 11 orang masih dirawat. Dari total keseluruhan itu, 221 orang dinyatakan sehat dan dipulangkan.

''Pasien positif meninggal masih 11 orang, semoga tidak bertambah lagi,'' harap Yovi.
Pada kasus Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang masih dirawat berjumlah 60 pasien, dan dipulangkan berjumlah 2.060 orang. Sedangkan yang meninggal dunia dalam status PDP berjumlah 201 orang. 

''Angka itu, dari total PDP berjumlah
2.321 orang,'' terang Yovi.

Pada kasus Orang Dalam Pengawasan (ODP) berjumlah 3.940 orang, yang sudah selesai pemantauan berjumlah 79.892 orang.***