Aktivis Mahasiswa Indonesia Demo, Sebut RI Masih Baik-baik Saja

 

Pekanbaru - Koalisi Aktivis Mahasiswa Indonesia (KAMI) Provinsi Riau berunjuk rasa di Bundaran Tugu Zapin, Jalan Jenderal Sudirman, Kota Pekanbaru, Sabtu (12/9/2020) sore.  Ratusan massa menyatakan dukungan terhadap kebijakan pemerintah pusat dan daerah.

Massa datang ke Bundaran Tugu Zapin dengan berjalan kaki sambil membawa spanduk deklarasi. Sebelum membacakan deklarasi, massa menyanyikan lagu Indonesia Raya dan lagu Tanah Air Beta. "Hidup Indonesia, Hidup Mahasiswa," teriak massa.

Dalam orasinya, massa yang dikoordinir oleh Husnul Jamil menyatakan, KAMI Provinsi Riau berkomitmen menjaga kesatuan dan persatuan negara Republik Indonesia (RI). Generasi muda dan mahasiswa tidak boleh diam pada sekelompok orang merongrong pemerintah dan masyarakat.

Di tengah pandemi Covid-19, KAMI melihat ada sejumlah kelompok yang mencoba memprovokasi masyarakat untuk melawan pemerintah. Kaum muda harus berbicara mendukung kebijakan pemerintah dan daerah.

"Kami dari Koalisi Aktivis Mahasiswa Indonesia, khusus wilayah Pekanbaru mengajak komponen bangsa khususnya kaum milenial untuk saling bahu membahu menjaga persatuan dan kesatuan negara RI," kata Husnul, dikutip dari cakaplah.com.

Dalam aksinya, massa menyampaikan deklarasi dukungan terhadap pemerintah RI. Ada lima poin yang disampaikan massa terhadap kebijakan-kebijakan pemerintah.

1. KAMI mendukung pemerintah pusat dan daerah untuk fokus kepada pananganan Covid-19.

2. KAMI mengutuk keras kepada kelompok-kelompok masyarakat yang mencoba memecah belah persatuan dan kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

3. KAMI mendukung pemerintah dalam upaya peningkatan kemandirian ekonomi yang berbasis kerakyatan.

4. KAMI menyatakan bahwa Indonesia saat ini masih baik-baik saja.

5. KAMI mendukung pemerintah untuk memperkuat Pancasila sebagai dasar ideologi bangsa.

Selama aksi, massa dikawal oleh aparat kepolisian. Setelah menyampaikan deklarasi, massa membubarkan diri secara tertib.