Warga Lingkungan RW 15 Limbungan Baru Disemprot Disinfektan Karna Ada Warga Positif Covid-19

 

Pekanbaru - Untuk mencegah penyebaran dan penularan wabah Covid-19 di Kelurahan Limbungan Baru, Kecamatan Rumbai Pesisir, Lurah, Babinsa bersama warga setempat melakukan penyemprotan cairan disinfektan di kawasan RW 15, Sabtu (12/9/2020).

Kegiatan ini juga dilakukan setelah salah seorang warga RW 15 dinyatakan positif Covid-19 dua hari lalu. Selain itu juga sudah ada warga yang berada di sekitar RW 15 yang meninggal dunia akibat Covid-19, dan juga di kawasan Kecamatan Rumbai Pesisir.

Lurah Limbungan Baru, Dasriati, mengatakan, menyemprotan disinspektan ini dilakukan setelah banyaknya warga di Kelurahan Limbungan Baru yang terpapar Covid-19, termasuk di kawasan RW 15.

Agar virus tidak menyebar luas kepada warga sekitar dilakukan pencegahan secepatnya dengan menyemprotkan cairan disinfektan di sekitar rumah warga, tempat ibadah dan juga tempat-tempat yang diperkirakan dapat menularkan virus. Selain kegiatan penyemprotan, pihak kelurahan juga membagikan masker kepada warga.

“Dengan adanya penyemprotan, kita berharap tidak ada lagi penambahan warga kita yang terkena virus ini, sehingga nantinya warga kita dapat terhindar dan tidak ada lagi korban jiwa dikarenakan virus ini,” ujar Dasriati, dikutip dari cakaplah.com.

“Yang terpenting warga juga kami imbau tetap menggunakan masker, mematuhi protokol kesehatan. Jaga jarak dan hindari kerumunan,” jelasnya.

Sementara itu, Babinsa Limbungan Baru, Dayaner Edo Putra, mengatakan penting dilakukan pencegahan terhadap rumah warga yang berada di sekitar warga yang terkonfrimasi positif Covid-19.

“Selain penyemprotan disinspektan, kami juga selalu mengimbau kepada warga untuk tetap memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. Dari informasi yang kami terima ada warga yang terkonfrimasi positif di Kelurahan Limbungan Baru. Kami mengimbau warga tetap waspada, dan tidak terlalu khawatir, orang yang terkena covid-19 telah dirawat di Rumah Sakit, dan rumahnya juga sudah diinispektan,” jelasnya.

Untuk diketahui sehari sebelumnya juga sudah dilakukan penyemprotan disinfektan dari BPBD Riau, dengan menggunakan mobil dan juga petugas di rumah seorang warga RW 15 yang dinyatakan positif covid-19 dan juga sekitar kawasan RW 15 Kelurahan Limbungan Baru.