13 Jenis Ikan Cupang yang Cocok Dipelihara di Rumah

Riau Update - Dari sekian banyak jenis ikan, spesies yang sedang digandrungi banyak orang adalah ikan cupang.Ikan cupang terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu ikan cupang hias, cupang aduan, dan cupang liar. Setiap jenisnya memiliki bentuk dan warna-warna unik tersendiri yang membuat ikan ini populer di kalangan pecinta akuatik yang dapat anda pelihara dirumah. Melansir dari 99.co mari kita simak jenis-jenis ikan cupang terbaik di bawah ini!

1. Ikan Cupang Hias Halfmoon (Rp50-500 Ribuan)

 

Ikan cupang halfmoon adalah jenis ikan cupang yang memiliki sirip lebar berbentuk bulan sabit.Nama lain dari ikan hias ini adalah cupang Big Ear. Warna ikan cupang halfmoon beragam, mulai dari biru pekat, merah, ungu sampai yang paling langka, kuning.

2. Ikan Cupang Hias Fancy (Rp100-300 Ribuan)

Seperti namanya, ikan cupang fancy memiliki warna sisik yang cantik dan unik. Tampilan warnanya tampak 3D sehingga terlihat seperti lukisan yang berenang di dalam air.

3. Ikan Cupang Serit (Rp80-300 Ribuan)

Jenis cupang hias satu ini memiliki sirip sobek-sobek yang terlihat seperti gabungan duri. Keunikan lainnya dari ikan ini adalah warnanya yang sangat mencolok, cocok untuk dipelihara di dalam akuarium rumah. Harga ikan cupang serit, atau crown tail mahal karena jenisnya yang cukup langka di pasaran.

4. Ikan Cupang Aduan Plakat (Rp200 Ribuan)

Ikan cupang plakat merupakan salah satu jenis jenis ikan cupang aduan.Walaupun begitu, tampilanya tidak kalah cantik dengan ikan cupang hias lo. Siripnya lurus, kekar, dan tegas serta warnanya tidak pucat seperti kebanyakan ikan cupang adu lainnya. Oleh karena nalurinya sebagai ikan aduan, gerak cupang plakat sangat sangar.

5. Ikan Cupang Double Tail (Rp150 Ribuan)

Jenis ikan cupang hias satu ini banyak sekali pemiliknya. Bagaimana tidak?, Tampilan ikan cupang double tail sangat indah, mulai dari siripnya yang lebar dan lebat sampai gradasi warna sisiknya yang memikat.

6. Ikan Cupang Aduan HMPK (Rp100-250 Ribuan)

 

Ikan cupang pucat ini merupakan hasil persilangan ikan cupang halfmoon dan plakat, sehingga disingkat HMPK. Walaupun sisiknya cenderung terlihat pucat, warna sirip ikan mungil ini sering mendapat pujian karena kontras dengan badannya. Jenis cupang hias ini juga tergolong sebagai ikan aduan.

7. Ikan Cupang Sawah (Rp100-300 Ribuan)

Ikan cupang sawah merupakan salah satu jenis ikan liar yang bisa dipelihara di rumah. ikan ini jauh dari jangkauan manusia, sehingga harganya bisa sangat mahal. Menurut para pecinta ikan, semakin besar badan ikan cupang sawah, semakin mahal harganya!

8. Ikan Cupang Giant (Rp25-90 Ribuan)

Jenis ikan cupang hias selanjutnya adalah cupang giant. Jenis satu ini sangat agresif sehingga bisa kamu jadikan sebagai ikan aduan. Seperti namanya, ukuran badan ikan ini lebih besar dibandingkan jenis ikan cupang lainnya.

9. Ikan Cupang Slayer (Rp50-300 Ribuan)

Ikan cupang slayer merupakan hasil persilangan dari halfmoon dan serit. Jenisnya cukup marak dijual di banyak pasar ikan dan merupakan salah satu favorit banyak orang. Ciri khasnya adalah siripnya yang lebih lebar dan besar dari pada seluruh badannya. Ikan cupang slayer dikaruniai warna-warna terang seperti oranye, kuning, merah, hijau, dan masih banyak lagi.

10. Ikan Cupang Sarawak (Rp80-200 Ribuan)

 

Selain unik, ikan cupang sarawak ternyata lincah, itulah mengapa banyak peminat cupang yang memeliharanya untuk diadu. Warna ikan cupang sarawak cukup sederhana dengan garis-garis yang bisa kamu lihat pada ekornya.

11. Ikan Cupang Hias Surga (Rp100-300 Ribuan)

Jenis ikan cupang surga merupakan kembaran dari ikan cupang paradise. Namun, ikan ini memiliki warna sirip dan sisik yang cenderung lebih pucat dibandingkan dengan ikan cupang paradise.Tidak hanya itu, ikan cupang surga lebih banyak ditemukan di Asia Tenggara, terutama di beberapa daerah Indonesia seperti Sumatra, Bali, dan Jawa. Ikannya cukup liar dan semakin ke sini semakin susah ditemukan, membuat budidaya ikan cupang ini cukup sulit dilakukan. Itulah mengapa harganya mahal.

12. Ikan Cupang Snakehead (Rp20-100 Ribuan)

Jenis cupang hias snakehead merupakan breed lokal. Menurut pemerhati satwa, ikan ini bisa ditemukan di sungai kecil di Kalimantan Timur. Corak tubuhnya tidak terlalu banyak dan jelas, tetapi bentuk badannya khas dan mudah dikenali.

13. Ikan Cupang Hias Halfsun (Rp10-50 Ribuan)

Ikan cupang Halfsun merupakan hasil persilangan dari Crown Tail dan Halfmoon. Ikan ini memiliki sirip yang lebar, transparan, dan indah. Siripnya yang tipis membuat ikan ini terlihat seperti disedang dililit kain.

Nah, minat yang mana?