Bupati Inhil Tinjau Lokasi Abrasi di Kateman




INHIL - Bupati Inhil HM Wardan melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) ke Desa Kuala Selat, Kecamatan Kateman dalam rangka meninjau lokasi abrasi yang terjadi di Sungai Belanak, Desa Kuala Selat. Rabu (4/11/20)
kemarin. 

Dalam kegiatan kunker tersebut Bupati HM Wardan didampingi Kadis Perkim TM Saifullah, Kadis Pertanian, Kadis PMF, Kepala BPBD, Plt Kadis PUPR Yusnaldi, Sekretaris Bappeda yang disambut Camat dan Unsur Pimpinan Forkopincam Kecamatan Kateman, dan Kepala Desa Kuala Selat.

Sekedar diketahui bahwa abrasi yang terjadi di Desa Kuala Selat ini, disebabkan oleh hantaman ombak sehingga kalau tidak cepat dilakukan penanganan bisa menyebabkan tenggelamnya lahan pertanian dan perkebunan kelapa dengan luas lebih kurang 1920 Ha.

Sampai saat ini langkah yang diambil Pemerintahan Desa Kuala Selat beserta masyarakat telah melakukan penanaman pohon api-api dan pembuatan tanggul secara swadaya guna menekan kemungkinan abrasi selanjutnya.

Terkait hal ini, Bupati Inhil HM Wardan menyampaikan apresiasinya terhadap apa yang telah dilakukan Pemerintah Desa Kuala Selat atas upaya-uapaya yang dilakukan untuk mengurangi terjadinya abrasi.

"Mengingat Desa Kuala Selat ini tingkat abrasinya sangat tinggi. Jika hari ini, kalau kita berharap sepenuhnya dengan APBD sangat minim sekali saat ini. Tidak bisa kita mengatasinya secara maksimal," ungkap Bupati

Oleh karena itu, Bupati berharap dukungan dari masyarakat. Walaupun disaat ini sedang menghadapi kondisi pendemi covid-19. Namun Pemkab tidak akan tinggal diam dan terus mengupayakan agar abrasi ini bisa diatasi.

"Kita akan terus mengupayakannya dengan langkah mencari sumber-sumber lain selain dari APBD," jelas Bupati.***