Meski Hujan, 12 Titik Panas Masih Terpantau di Riau

 

Pekanbaru - Meski hari ini cuaca di Riau didominasi oleh hujan, namun Badan Meteorologi Klimatatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat masih ada titik panas (hotspot) yang terpantau di sebagian wilayah Provinsi Riau.

"Hari ini terpantau 12 titik panas di Riau," ujar Forecaster On Duty Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun Pekanbaru Ahmad Agus Widodo, Kamis (11/2/2021), dikutip dari Cakaplah.com.

Ia merincikan 12 titik panas tersebut tersebar di 7 wilayah dengan sebaran terbanyak di Kabupaten Pelalawan dan Siak masing-masing 3 titik, Rokan Hulu sebanyak 2 titik.

"Selanjutnya adalah di Kepulauan Meranti, Kampar, Indragiri Hilir dan Kota Dumai masing-masing sebanyak 1 titik," ucapnya.

Lanjut Ahmad Agus, dari jumlah tersebut 1 titik berada di level rendah dan 11 titik di level sedang. Hal ini bisa diartikan di wilayah tersebut belum bisa dipastikan ada aktivitas kebakaran hutan dan lahan.

"BMKG terus mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan aktivitas yang memicu terjadinya kebakaran hutan dan lahan," imbaunya.

Sementara itu, untuk wilayah Sumatera, hari ini terpantau 62 titik panas yag tersebar di Sumatera Utara 16 titik, Riau 12 titik, Sumatera Barat 10, Bangka Belitung dan Jambi masing-masing 9 titik, Aceh 3 titik, Sumatera Selatan 2 titik dan Kepulauan Riau 1 titik.

Suhu udara Riau hari ini berada di angka 23.0 - 33.0 °C dengan kelembapan udara 50 - 97 %. Sementara arah angin berhembus ke arah Barat Laut - Timur Laut dengan kecepatan 05 - 36 km/jam

Prakiraan tinggi gelombang di perairan Provinsi Riau berkisar antara 0.5 - 1.25 m (rendah).