Pelaksanaan Vaksin Dosis Kedua Covid-19 di Riau Tetap Prokes

Pekanbaru - Ribuan peserta vaksinasi tahap kedua di Provinsi Riau telah menjalani vaksinasi di masing-masing pelayanan kesehatan yang ditentukan. Sebelumnya, ribuan penerima vaksin ini telah terima suntikan pertama 1 Maret 2021 lalu di Gelanggang Olahraga Remaja (GOR) Pekanbaru, Riau

Penerima vaksinasi tahap pertama di Provinsi Riau terdiri pelayan publik, instansi pemerintahan, instansi vertikal, TNI/Polri dan wartawan. 

Tak ingin ada klaster baru saat proses vaksinasi, seluruh peserta vaksin wajib menjalankan protokol (protkes) kesehatan ketat dan mengikuti aturan yang ditetapkan.

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Petala Bumi, pelaksanaan vaksinasi kedua untuk instansi vertikal dan wartawan berjalan lancar, serta menerapkan protkes Covid-19. 

Setiap penerima vaksin dosis kedua wajib menunjukan kartu vaksin Covid-19 ke meja pendaftaran. Setelah itu dilakukan pemeriksaan kesehatan. 

Kemudian penerima vaksin dilakukan penyuntikan dosis kedua. Selanjutnya penerima vaksin kedua dilakukan observasi selama setengah jam, lalu dikeluarkan hasil bahwa penerima vaksin sudah dilakukan vaksinasi kedua. 

"Vaksin kedua ini lanjutan dari vaksin pertama beberapa waktu lalu di GOR Pekanbaru," kata Direktur Umum (Dirut) RSUD Petala Bumi, drg Sumiarti, Senin (15/3/2021), dikutip dari Cakaplah.com.

Karena itu, kata dia, penerima vaksin kedua di RSUD Petala Bumi wajib mengikuti prosedur yang ditentukan, mulai penerima vaksin datang sampai selesai. 

"Kita ingin SOP pelaksanaan vaksin kedua betul-betul dijalankan. Kita sudah siapkan semua tim baik medis dan non medis untuk pelaksanaan vaksin kedua ini," jelasnya. 

Untuk menjaga protokol kesehatan, pihaknya juga telah mengatur waktu pelaksanaan vaksin bagi penerima vaksin dua tahap. Dimana tahap pertama dimulai pukul 08.00 WIB sampai pukul 10.00 WIB. Kemudian tahap kedua pukul 10.00 WIB sampai pukul 12.30 WIB. 

"Jadi semua sudah diatur. Kita tak ingin ada klaster baru pelaksanaan vaksin," cakapnya.