News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Ini Dia 7 Cara Menabung Cepat

Ini Dia 7 Cara Menabung Cepat

Riauupdate.com - Dana yang Anda punya jangan cuma dipakai buat belanja. Memang, tidak ada salahnya belanja, apalagi untuk kebutuhan pokok. Namun perlu diingat Anda juga harus menyisihkan dana untuk ditabung. 

Nah, mengutip dari Detik.com yang melansir dari laman Hai Bunda, berikut ini adalah 7 jurus menabung dengan cepat di saat harus berbagi alokasi dana untuk belanja.

1. Tulis daftar sebelum belanja

Saat berbelanja, mungkin akan membeli barang yang seharusnya tidak dibeli, ya? Sehingga bisa saja boros dan belanjaan yang dibeli melebihi budget.

Agar tak keluar dari batas, pastikan membuat daftar belanjaan sebelum pergi ke supermarket atau toko lainnya. Daftar belanjaan akan membantu Bunda tetap fokus dan hemat.

2. Lunasi kartu kredit

Anda mungkin salah satu pengguna kartu kredit. Agar bisa fokus pada keuangan, pastikan rutin lunasi tagihan kartu kredit setiap bulannya. Dengan begitu Anda terhindar dari beban bunga yang bisa membuat tagihan menggunung.

Di sisi lain, bisa juga gunakan juga kartu debit atau menggunakan uang tunai saja saat berbelanja, supaya kita bisa langsung mengontrol pengeluaran.

3. Aturan 10 detik

Saat berbelanja perlu menguasai aturan 10 detik, apa itu? Ketika memutuskan untuk membeli sesuatu, coba pikirkan selama 10 detik tentang mengapa tidak boleh membelinya. Apakah Anda benar-benar membutuhkannya?

Apa sudah mempunyai barang yang mirip? Kalau ragu, segera letakkan barang itu dan beli di lain waktu.

4. Minum lebih banyak air putih

Ketika Bunda sedang pergi bersama teman untuk makan siang, biasanya Bunda akan memesan minuman yang memiliki rasa, ya. Minuman seperti jus dan soda adalah pilihan terbaik untuk berkumpul bersama, ya.

Nyatanya, jus dan soda memiliki harga yang mahal lho, Bunda. Kalau Bunda memutuskan untuk menabung dan berhemat, cobalah untuk membeli air mineral, Bunda. Selain harganya yang lebih murah, Bunda juga akan lebih sehat, lho.

5. Berhenti merokok

Bunda adalah tipe orang yang hobi merokok? Sepertinya kebiasaan ini harus segera dihilangkan jika Bunda ingin mengumpulkan uang dengan cepat.

Selain menghisap rokok adalah kebiasaan buruk yang bisa berpengaruh pada kesehatan, merokok membuat Bunda kecanduan dan ingin membelinya terus menerus. Bukan hanya kesehatan, kalau sudah begini tentu akan mengganggu finansial Bunda.

Coba bayangkan kalau uang untuk rokok digunakan untuk menabung? Berapa banyak uang yang sudah terkumpul saat ini, Bunda?

6. Batalkan keanggotaan yang tak terpakai

Bunda sering berlangganan majalah yang sudah tidak terbaca? Atau keanggotaan gym dan klub lainnya yang kini tidak pernah didatangi? Lebih baik dibatalkan saja, Bunda.

Periksa laporan bank dan kartu kredit Bunda untuk memastikan apakah semua keanggotaan dan langganan yang Bunda batalkan sudah benar-benar menghilang. Hal ini juga berlaku untuk layanan streaming berbayar ya, Bunda.

7. Makan di rumah

Memasak di rumah tentu biayanya akan jauh lebih murah daripada makan di luar ya, Bunda. Selain murah, kebersihan dan kesehatannya juga sudah terjamin, lho.

Bunda mungkin akan sedikit kesulitan untuk menemukan resep makanan terbaik. Tapi, semua bisa diatasi, Bunda. Bunda bisa memasak makanan yang sederhana, murah, tapi enak terlebih dahulu hingga akhirnya menguasai keterampilan dapur.

Sekian cara menabung paling dasar yang pasti bisa Bunda terapkan. Semangat ya, Bunda!


Tags