5 Vitamin Untuk Daya Tahan Tubuh, Agar Tak Mudah Terinfeksi Virus


Riauupdate.com - Lonjakan COVID-19 di Indonesia belum menunjukkan tanda-tanda akan mereda. Beragam cara dilakukan untuk menghindari penularan virus ini mulai dari vaksinasi hingga Vitamin untuk daya tahan tubuh. 

Selain menerapkan protokol kesehatan, menjalani gaya hidup sehat dengan mengonsumsi makanan bergizi, cukup tidur, dan berolahraga, minum vitamin adalah cara terpenting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Lalu, vitamin apa saja sih yang harus dikonsumsi?

1. Vitamin D

Dikutip dari Healthline, vitamin D adalah nutrisi yang larut dalam lemak yang penting untuk kesehatan dan fungsi sistem kekebalan tubuh. Vitamin untuk daya tahan tubuh ini bisa kamu dapatkan dengan mengonsumsi ikan, kuning telur, susu sapi, dan jamur.

Kekurangan vitamin D dapat berdampak negatif pada fungsi kekebalan tubuh. Faktanya, kadar vitamin D yang rendah dapat meningkatkan risiko infeksi saluran pernapasan atas, termasuk influenza dan asma.

2. Zinc

Zinc atau seng adalah mineral yang biasanya ditambahkan ke suplemen dan produk kesehatan lainnya seperti tablet hisap yang dimaksudkan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Zinc bisa didapatkan dengan mengonsumsi hidangan laut seperti lobster, kepiting, udang, dan ikan laut lainnya.

Zinc dibutuhkan untuk perkembangan sel imun dan berperan penting untuk mencegah inflamasi. Zinc juga dapat menjadi penghalang untuk mencegah masuknya patogen asing ke dalam tubuh.

3. Vitamin C

Vitamin C mungkin merupakan suplemen paling populer yang dikonsumsi untuk melindungi tubuh dari infeksi. Vitamin untuk daya tahan tubuh yang satu ini bisa kamu peroleh dari brokoli, kiwi, jeruk, dan strawberry.

4. Vitamin B6

Vitamin B6 sangat penting untuk mendukung tubuh memproduksi imunitas dalam sistem kekebalan tubuh. Makanan kaya vitamin B6 contohnya adalah ayam dan ikan air dingin seperti salmon dan tuna. Vitamin B6 juga bisa diperoleh dari sayuran hijau seperti buncis.

5. Vitamin E

Vitamin untuk daya tahan tubuh yang terakhir adalah vitamin E. Vitamin E adalah antioksidan kuat yang membantu tubuh melawan infeksi. Kamu bisa memperoleh vitamin E dari makanan seperti kacang-kacangan, biji-bijian, dan bayam.


Sumber: Detik.com