Lakukan 5 Hal Ini Biar Hidup Lebih Tenang, Meski Punya Hater

Riauupdate.com - Tak peduli seberapa baik pribadi seseorang, semua orang punya musuh atau haters. Terkadang, haters muncul karena berbagai perspektif tentang diri kita yang nilai orang lain buruk. Di sisi lain, bisa saja haters benar-benar tak punya alasan untuk membenci karena mereka sirik pada pencapaian orang lain.

Terlepas dari bagaimana kita memiliki musuh, ada hal yang wajib kita perhatikan bahwa memiliki musuh bukanlah hal yang buruk. Kita tidak bisa mengendalikan semua orang untuk menyukai diri kita. Namun, bagaimana cara kita menyikapi haters inilah yang bisa kita kendalikan. Inilah alasan bahwa memiliki haters adalah hal yang bisa kamu manfaatkan dengan sikap yang bijak. Yuk simak!

1. Kamu akan lebih bijak dalam mengatur Emosi

Sejujurnya, memiliki haters akan membantumu untuk lebih bijak mengelola kemarahan. Wajar jika ulah haters yang kadang bikin jengkel membuat kita ingin balik bereaksi dengan hal yang sama. Perlu diingat bahwa haters justru akan merasa menang ketika kita semakin menanggapinya. Namun, jika kita lebih sabar dalam mengendalikan amarah, lama-lama haters-lah yang akan menyerah. Mengambil sikap bodo amat dalam menanggapi musuhmu ini adalah cara tepat untuk lebih dewasa dan bijak.

2. Ini adalah peluangmu untuk berkompetisi dengan sehat

Jika kita bisa mengambil sisi positifnya, kita mungkin tidak sadar bahwa memiliki haters dapat kita memanfaatkan untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Pepatah bahwa pembalasan terbaik adalah dengan sukses tentu benar adanya. Justru sedikit dorongan para haters inilah membuat motivasi diri kita semakin bergelora dan ingin segera menunjukan bahwa kita akan mematahkan omongan negatifnya dengan prestasi.

3. Komentar negatif mereka dapat membantumu introspeksi diri

Memang benar bahwa omongan para haters tak harus dihiraukan, namun kadang saat mendengar hal-hal buruk dari mereka inilah saat kita dapat mengevaluasi diri. Intinya, setiap kali kamu mendengar sesuatu yang buruk dari haters, ada kemungkinan bahwa apa yang dikatakan mereka juga benar. Di sinilah kita harus mengambil langkah bijak untuk introspeksi menjadi orang yang lebih baik secara keseluruhan. Intinya, kita ambil setiap sisi positif yang dapat membuat perubahan baik bagi diri kita.

4. Mungkin ada kesalahpahaman yang tidak kamu ketahui

Tak melulu karena kita adalah orang yang buruk, alasan seseorang memiliki haters kadang hanya karena sebuah kesalah pahaman. Sebelum kamu membenci apa yang mereka lakukan, coba direnungkan dulu apakah ada hal yang mungkin mereka pahami dengan salah. Komunikasikan dengan bijak jika saja mereka memberi alasan yang tidak kamu mengerti. Namun, jika para haters tersebut tidak bersikap dengan baik atas niat baikmu itu, maka tak perlu kamu pedulikan lagi.

5. Coba ingat kembali, apakah kamu benar-benar perlu membenci mereka?

Kita memang tak bisa mengendalikan perasaan orang lain, namun ingat lagi bahwa memiliki haters dan menanggapi kebencian mereka hanya akan membuang waktumu percuma. Mentalitasmu tentu akan semakin buruk hanya karena pendapat orang lain yang selalu kamu pikirkan. Daripada keseharianmu terganggu dengan toxic haters, lupakanlah mereka dan ambilah sikap bodo amat. Kamu tak perlu membenci dan tak perlu menanggapi semua hal tentang dirimu.

Nah, itulah lima sikap bijak yang harus kalian lakukan dalam menanggapi haters. Ingatlah bahwa mengambil suatu sikap dari perspektif yang bijak akan menghasilkan hal positif juga. Oleh karena itu, terapkanlah 5 sikap bijak di atas saat kalian memiliki musuh di hidupmu.

Sumber: Idntimes.com