Realisasi APBN di Riau Capai Rp15,11 Triliun Hingga Juni


Pekanbaru - Ketersediaan tempat tidur isolasi pasien Covid-19 di Provinsi Riau, baik di rumah sakit (RS) dan tempat isolasi yang disiapkan pemerintah saat ini masih aman. 

Dimana tingkat keterisian tempat tidur isolasi di RS sebesar 62 persen atau 1.193 tempat isolasi, dari ketersediaan 1.912 tempat tidur atau tersisa 719 tempat tidur. 

"Tersediaan tempat tidur isolasi pasien Covid-19 di Riau masih 38 persen. Artinya masih aman, karena saat ini pasien sudah banyak sembuh dan pulang, baik pasien isolasi yang disiapkan pemerintah dan rumah sakit," kata Kepala Dinas Kesehatan Riau, Mimi Yuliani Nazir, Kamis (22/7/2021). 

Sedangkan ketersediaan tempat tidur di tempat isolasi yang disiapkan pemerintah, sebut Mimi, saat ini masih tersisa 809 tempat tidur dari ketersediaan 1.551 tempat tidur atau sisa 742 tempat tidur. 

"Tapi sebanyak apapun tempat tidur yang disediakan tidak akan cukup, kalau di hulunya tidak selesai. Yang terpenting itu di hulu yang harus diselesaikan," ujarnya. 

"Kalau ketersediaan tempat tidur di hilir sudah disiapkan. Sekarang bagaimana langkah penanganan dan pencegahan lagi. Jadi kembali lagi ke protokol kesehatan, tak berkerumun dan tidak keluar rumah jika tak penting," terangnya.

Sedangkan keterisian ruang ICU di RS, tambah Mimi Nazir, saat ini sudah mencapai 73 persen atau tersisa 61 ruang ICU, dari ketersediaan 224 ruang ICU atau terpakai 163 ruangan.

Sumber: Cakaplah.com