7 Makanan Penambah Imun

Jakarta - Beragam upaya dilakukan untuk meningkatkan imunitas agar terhindar dari virus Corona. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi makanan sehat.

Masyarakat mulai membiasakan diri dengan beragam gaya hidup sehat seperti rutin berjemur di bawah matahari pagi, rajin olahraga, dan konsumsi suplemen multivitamin.

Kebiasaan ini mesti disertai dengan konsumsi makanan sehat untuk menambah imun seperti berikut.

1. Buah jeruk

Jeruk merupakan buah yang memiliki kandungan vitamin C tinggi. Jenis buah jeruk yang terkenal memiliki kandungan vitamin C tinggi adalah jeruk bali, jeruk nipis, jeruk lemon, jeruk clementine dan jeruk mandarin.

Jumlah takaran vitamin C harian yang direkomendasikan untuk wanita dewasa adalah 75 miligram dan 90 miligram untuk pria dewasa.

2. Brokoli

Brokoli merupakan jenis sayuran yang kaya akan kandungan vitamin dan mineral, Bunda. Jenis sayuran ini dikemas dengan vitamin A, C, dan E, serta serat dan banyak antioksidan lainnya.

3. Yogurt

Yogurt adalah salah satu makanan yang dapat meningkatkan imunitas. Pilihlah yogurt yang memiliki kandungan vitamin D di dalamnya.

Hal ini dikarenakan, yogurt juga bisa menjadi sumber vitamin D yang dapat membantu mengatur sistem kekebalan, dan meningkatkan pertahanan alami tubuh terhadap penyakit.

4. Jahe

Manfaat dari mengonsumsi jahe dapat membantu mengurangi peradangan yang membantu mengurangi rasa sakit pada tenggorokan dan penyakit radang, serta mengurangi rasa mual.

5. Bayam

Bayam merupakan salah satu jenis sayuran yang kaya akan vitamin C, antioksidan, dan beta karoten yang mampu meningkatkan kemampuan melawan infeksi dari sistem kekebalan tubuh, Bunda.

Agar kandungan nutrisi di dalam bayam tetap terjaga, Bunda dapat mengolahnya dengan dimasak secara sederhana dalam waktu yang singkat.

6. Pepaya

Pepaya merupakan jenis buah lainnya yang memiliki vitamin C, Bunda. Dalam satu buah pepaya berukuran sedang sudah mengandung dua kali lipat vitamin C harian yang direkomendasikan lho, Bunda.

Kesalahan! Nama file tidak ditentukan.

Buah ini memiliki enzim pencernaan (papain) yang memiliki efek anti-inflamasi. Jumlah potasium, magnesium, dan folat yang cukup pada buah pepaya sangat bermanfaat bagi kesehatan.

7. Paprika Merah

Kandungan vitamin C dalam paprika merah ternyata 3 kali lebih banyak dari buah jeruk lho, Bunda. Makanan ini juga kaya akan kandungan beta karoten di dalamnya.

Selain untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, kandungan vitamin C dapat membantu Bunda untuk menjaga kesehatan kulit.

Kandungan beta karoten yang ada di dalam paprika merah diubah oleh tubuh menjadi vitamin A yang dapat membantu kesehatan mata dan juga kulit.

Bunda, itulah 7 makanan penambah imun tubuh yang dapat dikonsumsi untuk cegah COVID-19. Kini Bunda dapat mengonsumsi ketujuh makanan tersebut agar dapat menambah imunitas di dalam tubuh, ya. Selamat mencoba Bunda.