8 Manfaat Labu Siam

Riauupdate.com - Gak cuma murah dan gampang diolah, sayuran khas Indonesia bewarna hijau ini punya segudang manfaat lho guys. Yups, labu siam sayuran yang punya cita rasa manis. Kandungan yang ada dalam sayuran ini, sangat baik dikonsumsi untuk kesehatan tubuh. 

Melansir dari  8 ulasan meidntimes.com, berikut  manfaat labu siam:

1. Menurunkan Kolestrol

Khasiat pertama yang bakal kamu rasakan dari mengkonsumsi sayur labu siam adalah dapatkan menurunkan kolestrol. Yups, labu siam emang sama sekali tidak mengandung lemak jahat, sehingga apabila dikonsumsi tidak menyebabkan kolestrol. Kandungan vitamin yang cukup banyak pada labu siam, seperti vitamin C, vitamin B6, pantothenic acid (vitamin B5) dan lain sebagainya dipercaya ampuh menurunkan kadar kolestrol dalam tubuh.

2. Menangkal Radikal Bebas

Labu siam juga dapat melindungi tubuh kita dari berbagai penyakit lho. Salah satunya juga bisa mencegah penyakit kanker. Hal ini dikarenakan labu siam juga memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Cukup merebus labu siam dengan matang, kamu bakal merasakan tubuh kamu lebih sehat.

3. Anti penuaan dini

Nah, buat kamu yang pengen wajah serta tubuhnya awet muda dan prima, cobain deh konsumsi labu siam. Soalnya labu siam juga punya khasiat sebagai anti-aging alami yang baik banget untuk tubuh. Kandungan vitamin C pada labu siam sangat tinggi yaitu sekitar 45-50 miligram. Sementara, kebutuhan vitamin C untuk tubuh yaitu 90 miligram per hari. So, ga ada alasan buat kamu untuk gak makan sayuran sehat ini. 

4. Menurunkan berat badan

Siapa nih lagi program menguruskan badan? Mulai sekarang kamu wajib deh konsumsi labu siam sebagai menu diet kamu. Soalnya labu siam ini jenis sayur yang mengandung karbohidrat yang cepat mengenyangkan dan gak memiliki kandungan lemak jahat. Dalam satu buah labu siam yang berukuran sedang cuma memiliki kalori sekitar 50-70. So, kalo kamu rajin mengkonsumsi sayur ini, berat badanmu bakal cepat turun.

5. Meningkatkan kesuburan pria

Gak cuma buat kecantikan, ternyata labu siam juga bagus untuk kesuburan pria lho.  Kandungan zinc dalam biji labu dapat meningkatkan imunitas dan perkembangan sel tubuh. Bagi para pria dewasa, zinc berguna mempengaruhi kesuburan, kadar testosteron, dan kesehatan sperma.

6. Baik untuk ibu hamil

Selain untuk kesuburan, ternyata labu siam juga bagus untuk perkembangan janin lho. Soalnya labu siam mengandung asam folat cukup tinggi yang sangat penting untuk pertumbuhan sel dan juga DNA. Belum lagi berbagai vitamin yang dikandung dalam sayuran ini. So, gak heran  kalo ibu hamil rajin mengkonsumsi sayur ini dipercaya dapat mencegah cacat lahir pada bayi.

7. Meningkatkan kesehatan prostat

Gak cuma daging buahnya saja yang punya segudang manfaat, biji labu siam juga mampu mengatasi prostat lho. Dengan rajin mengkonsumsi biji labu siam yang direbus bersamaan dengan daging buahnya, dipercaya ampun menangani maslah pada prostat. Berkat kandungan pyhtosterols di dalamnya, membantu mengecilkan pembesaran prostat.⁣ Wahh, banyak bangetkan khasiatnya guys.

8. Mengatasi anemia

Terakhir, manfaat dari mengkonsumsi labu siam adalah mampu mengatasi anemia dan penambah stamina. Labu siam sangat kaya akan zat besi dan berbagai vitamin yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Walaupun kandungan zat besi lebih tinggi dari protein hewani, namun satu buah labu siam berukuran sedang bisa memberikan zat besi yang dibutuhkan tubuh. Biar gak bosan, kamu juga bisa mengolah labu siam dengan bahan makanan lainnya. So, kamu wajib konsumsi makanan ini.