Ribuan Anak-Anak Milenial Riau Wakaf Secara Digital

Pekanbaru - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau berhasil mengajak lebih kurang 4 ribu anak milenial di Provinsi Riau sebagai wakif baru, yang melakukan wakaf uang secara digital melalui android.

Demikian diutarakan Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar saat Seminar Wakaf yang dihadiri Ketua BWI Nasional, Prof. Dr. Ir. Mohammad Nuh DEA, Selasa (02/11/2021) di Gedung Daerah, Pekanbaru.

"Ada yang menarik dari pelaksanaan Riau Berwakaf 2021. Dimana kami berhasil mengajak lebih dari 4 ribu anak milenial sebagai wakif baru yang melakukan wakaf uang secara digital melalui android mereka," ungkapnya, dikutip dari Cakaplah.com.

Berwakaf di kalangan anak milenial, kata Gubri, adalah investasi yang tidak ternilai, karena kebiasaan berwakaf sudah terbentuk sejak dini.

"Selama proses pengembangan wakaf tersebut, setidaknya ada tiga poin utama yang perlu untuk kita selesaikan secara bersama-sama yaitu, Literasi Wakaf, Pemanfaatan Teknologi Digital, dan SDM yang kompeten," ujarnya.

Lebih lanjut Gubri menyatakan, wakaf ini merupakan salah satu instrumen dalam ekonomi syariah, sekaligus sebagai sumber dana yang potensial untuk pembangunan ekonomi umat, guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mengurangi tingkat kemiskinan.

"Salah satu langkah yang harus ditempuh untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat adalah dengan cara memaksimalkan pemanfaatan instrumen-instrumen ajaran yang memiliki potensi untuk menciptakan kesejahteraan sosial, yaitu zakat, infaq sedekah dan wakaf," terangnya.

Karena itu, lanjut Gubri, Pemprov Riau sangat respon terhadap pengelolaan wakaf di tanah air, dan telah menunjukkan perkembangan yang positif, yakni dengan telah dimasukkannya wakaf sebagai salah satu kewenangan Peradilan Agama.

"Pemerintah Provinsi Riau bersama Badan Wakaf Indonesia Provinsi Riau telah menggiatkan potensi wakaf uang di Provinsi Riau, terutama di lingkungan Organisasi Perangkat Daerah dengan program wakaf Rp1.000 per hari. Upaya program wakaf Rp1.000 per hari telah ditetapkan dalam Instruksi Gubernur Riau, untuk mengajak kalangan ASN di lingkungan Pemprov Riau dan masyarakat umum untuk berwakaf Rp1.000 per hari," jelasnya.

Terkait masalah wakaf ini, tambah Gubri Syamsuar, Pemprov Riau sejak tahun 2019 bersama dengan Bank Indonesia Riau sudah melakukan serangkaian kegiatan pengembangan wakaf.

Pengembangan wakaf ini, mulai dari High Level Meeting Gaining Comitment untuk pengembangan dana wakaf bersama seluruh pimpinan daerah di Riau. Hasil kerjasama Bank Indonesia, BWI dan Lembaga ZISWAF, hingga Riau berwakaf 2019 dan berhasil mengumpulkan dana wakaf lebih dari Rp6 miliar.

"Pengembangan wakaf, adalah sebuah proses yang panjang dari tahun 2019 dan selalu didampingi oleh Bank Indonesia, BWI, Lembaga ZISWAF dan pegiat wakaf lainnya. Selain jumlah nominal, hal yang menarik dari pelaksanaan Riau Berwakaf 2021, kami berhasil mengajak lebih dari 4 ribu milenial sebagai wakif baru yang melakukan wakaf uang secara digital melalui android mereka," tutupnya.

Hadir pada seminar wakaf tersebut, Forkompinda Riau, Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Riau, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau, Kepala Otoritas Jasa Keuangan Provinsi Riau, Ketua BWI Provinsi Riau, Ketua Majelis Ulama Indonesia, dan Ketua Baznas Provinsi Riau, dan Kepala OPD Pemprov Riau.