Seorang Nenek Ikut Terpanggang Dalam Kebakaran 8 Unit Rumah



DUMAI - Kebakaran hebat yang menghanguskan sembilan unit rumah di RT 14 Jalan Imam Bonjol Kelurahan Dumai Kota Kecamatan Dumai Kota, Ahad (12/06)  sekira pukul 23.55 WIB menyebabkan seorang warga merupakan pemilik rumah Hj Marlis (87) tewas terbakar.     

Korban pada saat kejadian sedang tertidur diduga tak bisa menyelamatkan diri. Sebab pada saat kejadian api cepat membesar karena bangunan mayoritas  dari bahan kayu dan berlantai papan.

Posisi jenazah korban saat ditemukan di dalam kamar di atas  tilam yang terbuat dari besi. 

Ketua RT 14 Suriansyah mengungkapkan korban pada saat kejadian tinggal sendiri di rumah. Sedangkan anak-anak korban tinggal disebelah namun masih dalam posisi satu dapur.  

"Saya baru tahu musibah kebakaran tersebut  ketika melihat api membumbung tinggi  dan teriakan minta tolong dari warga sekitar, " katanya ketika itu berada di Pos Kamling Jalan Imam Bonjol  berjarak sekitar 100 meter dari lokasi.

Melihat kobaran api, dia langsung pulang dan mencoba melakukan penyelamatan kepada korban. Namun langkah terhenti dan tak mungkin dilakukan karena kobaran api membesar dan tak mungkin bisa ditembus oleh manusia.

Sementara warga lain merupakan penyewa rumah melihat jeritan dan kobaran api langsung tancap gas  menyelamatkan diri.

"Saat api membesar kita berusaha membantu tapi api cepat membesar apalagi kondisi rumah terbuat dari papan, " katanya lagi.

"Apakah korban dalam kondisi sakit? Suriansyah menambahkan ibu mertuanya itu dalam keadaan sehat. Sebab pada pukul 22.00 WIB korban masih duduk di depan rumah dan bercengkrama bersama anaknya,"tuturnya. 

Terkait aktivitas keseharian korban selama hidup, Suriansyah menambahkan selalu pergi ke masjid untuk beribadah."Kalau sehat dan mudah berjalan, almarhumah selalu ke masjid Takwa untuk beribadah,"katanya.

Terakhir korban terlihat pada malam kejadian masih duduk bersama anaknya.

Musibah kebakaran yang menghanguskan sembilan rumah yang dihuni 8 kepala keluarga yang terjadi di Jalan Imam Bonjol membuat satu warga kehilangan nyawa yakni Hj Marlis (87).  

Padahal sebelum kejadian sekira pukul 23.00 WIB korban bersama anaknya masih duduk duduk di depan teras rumahnya sambil berbual.  

"Tidak ada firasat atau tanda tanda yang aneh dari korban sebelum musibah kebakaran tersebut terjadi. Semua berjalan seperti biasa dan korban melaksanakan aktifitas kesehariannya di rumah,"tutur menantu korban.   

Korban saat ini disemayamkan di rumah anaknya dan rencananya akan di kebumikan ba'da zuhur (kemarin,red) di pemakaman umum Margasarana.***