3 Dari 4 Pelaku Pembegalan di Inhil Ternyata Resedivis Yang Baru Bebas 1 Minggu


INHIL - Sempat viral di dunia maya karena diduga kerap melakukan pembegalan menggunakan senajata tajam. Empat orang pemuda yang meresahkan masyarakat ini berhasil diringkus polisi.

Adapaun keempat pelaku tersebut berinsial M (22), BC (24) dan AE (21) ditangkap di Jalan Suhada, Kecamatan Tembilahan Hulu, Senin (15/4) dinihari.

Sedangkan dari hasil pengembangan 1 orang rekannya lagi berinisial RB (19) berhasil diringkus di Jalab Lingkar, Kecamatan Tembilahan.

Hal itu disampaikan Kapolres Inhil AKBP Budi Setiawan SIK MIK didampingi Kapolsek Tembilahan Hulu AKP Riki Marzuki dan Kasi Humas Iptu Bambang dalam prees release di Mapolsek Tembilahan Hulu, Selasa (16/4) siang.

"Dari hasil penyidikan ternyata 2 pelaku adalah residivis kasus penganiayaan, dan 1 pelaku kasus Pencurian dengan kekerasan (Curas), mereka baru keluar 1 hari sebelum lebaran atau 1 minggu yang lalu," paparnya. 

Lanjut Kapolres, motif pelaku melancarkan aksi untuk mencari uang dari barang-barang yang dibawa oleh calon korban, lalu dibelikan minuman alkohol. 

Dijelaskannya, pengungkapan kasus ini berawal dari postingan status netizen yang menjadi viral di media sosial Facebook, beberapa hari yang lalu. 

Postingan di media sosial itu mengimbau masyarakat Tembilahan untuk berhati-hati jika berkendara di wilayah Tembilahan Hulu pada malam hari, sebab marak aksi percobaan pembegalan yang dilakukan oleh sekelompok pemuda. 

Sekelompok pemuda ini dikabarkan memakai senjata tajam dan mengendarai sepeda motor jenis "vario putih" tanpa plat nomor polisi ketika melancarkan aksinya. 

"Ada laporan warga di media sosial dan viral mengenai percobaan pembegalan dengan senjata tajam di dua lokasi yang meresahkan, ciri cirinya memakai vario putih. Akhirnya dilakukan penindakan, 4 pelaku berhasil diamankan," ujar Kapolres .

"Dari penyidikan mereka mengakui telah melakukan perbuatan yang melanggar hukum tersebut. Tidak ada restorative justice, pekara ini akan tetap kita lanjutkan ketahap selanjutnya,"tutupnya.***