Dampak Negatif Unjuk Rasa Pelajar, Polsek Kuindra Beri Pemahaman ke Sekolah



KUINDRA - Sesuai surat edaran  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI No 9 tahun 2019 tentang Keterlibatan Peserta Didik Dalam Aksi Unjuk Rasa yang Berpotensi Kekerasan.

Kepolisian pun langsung bergerak melakukan sosialisasi di sekolah-sekolah terhadap hal yang bisa merusak generasi anak bangsa.

Sebab dari pandangan pemerintah,  anak-anak yang masih duduk di bangku sekolah  belum layak mengikuti aksi demonstrasi.

Sesuai perintah pimpinan,  Polsek Kuala Indragiri (Kuindra) langsung melakukan sosialisasi tersebut di SMAN Bina Bhakti Sapat, Kelurahan Sapat,  Kecamatan Kuindra, Kabupaten Inhil, Senin (30/9/19) pagi.

Kapolsek Kuindra Iptu Martinus melalui Kanit Binmas Aipda Riko D Saputra SH menyampaikan beberapa hal terkait upaya pencegahan dalam mengantisipasi aksi unjuk rasa yang melibatkan Siswa/i SMA Sederajat.

Pihak kepolisian pun meminta agar pihak sekolah mengawasi dan menjaga peserta didik baik didalam maupun diluar lingkungan sekolah.

"Kita juga meminta pihak sekolah menjalin kerja sama dengan orang tua wali murid untuk memastikan bahwa anak-naka kita mengikuti proses pembelajaran dan tidak terpengaruh oleh ajakan unjuk rasa,"katanya.

Pihak kepolisian juga meminta kepada pengurus OSIS  dapat menjaga diri dari hal-hal yang bersifat provokatif terhadap Informasi bersifat Hoax.

Pemahaman yang diberikan itu bukan tanpa tujuan,  karena aksi di jalan yang melibatkan anak sekolah tentu menimbulkan keresahan bagi masyarakat.

Selain itu juga berpotensi mengganggu kepentingan masyarakat luas serta sangat rawan keributan dan bentrokan yang berakibat pada keselamatan masyarakat umum dan pelajar pada khususnya.

"Disini kami mengingatkan dan menekankan kepada Siswa/i SMAN Bina Bhakti Sapat, bahwa tugas seorang pelajar adalah belajar dan menuntut ilmu, "sambungnya.

Usai memberikan pemahaman kepada siswa,  Polsek Kuindra juga membuat vidio singkat  pernyataan sikap pelajar Mlmenolak ajakan unjuk rasa.

Dalam kegiatan ini dihadiri Kepala Sekolah SMAN Bina Bhakti Sapat, Para Majelis Guru,  Ketua OSIS,  para siswa/i dan beberapa orang personil Polsek Kuindra. (RU)