Insomnia? Minumlah Teh Yang Bisa Bantu Tidur Nyenyak Ini


Foto : iStock

Riauupdate.com - Gangguan insomnia memang membuat tak nyaman. Banyak alternatif obat alami yang bisa menjadi pengantar tidur nyenyak, salah satunya minum teh.

Dilansir dari Boldsky (29/1) ada sekitar 30 persen orang di dunia yang mengalami gangguan tidur atau insomnia. Meskipun terkesan sepele, masalah ini tak bisa didiamkan berlarut-larut. Jika insomnia berlangsung dalam jangka panjang, maka akan berpengaruh pada masalah kesehatan lainnya.

Banyak orang mengandalkan cara instan dengan mengonsumsi obat tidur, padahal efeknya sangat berbahaya. Alih-alih menelan obat tidur, lebih baik memilih cara yang enak dan murah. Cobalah dengan minum teh hangat sebelum tidur.

Secara alami, teh mengandung 'obat penenang' yang bisa membantu tubuh rileks sehingga bisa tidur dengan cepat dan berkualitas. Di pagi harinya, tubuh juga akan terasa lebih segar dan nyaman.

Mengonsumsi teh dalam jangka panjang juga tak akan bermasalah. Namun tetap ada aturan porsi harian yang harus dibatasi. Mau tidur berkualitas dan bebas dari insomnia? Minum salah satu dari 5 teh ini sebelum tidur.


Foto : iStock

1. Teh lavender

Teh lavender ini sejatinya adalah tisane karena terbuat dari kelopak bunga lavender yang dikeringkan. Bukan dari tanaman teh, camelia sinensis. Secara alami, bunga lavender memiliki ssifat menenangkan sehingga orang yang mengonsumsinya seolah merasa terhipnotis.

Aroma dan rasa bunga lavender ini membantu menstabilkan suasana hati dan meningkatkan pikiran positif. Teh ini memiliki efek neurologis yang sangat kuat sehingga membantu membuat tidur lebih nyenyak.

Untuk membuat teh lavender ini, Anda bisa mengandalkan bunga kering ataupun bunga yang masih segar. Siapkan dua tangkai bunga lavender segar atau 1 sendok teh bunga lavender kering lalu tuangi air panas secukupnya. Diamkan selama 10 menit lalu saring dan minum dalam keadaan hangat.

Sumber : Detik.com