News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

5 Makanan Pencegah Penuaan Dini

5 Makanan Pencegah Penuaan Dini


Jakarta - Penuaan dini pada kulit jadi salah satu hal yang dicemaskan sebagian orang saat memasuki usia 30 tahun. Beberapa memilih melakukan perawatan kulit. Tapi sesungguhnya, perkara penuaan dini masih bisa dicegah melalui pola makan atau juga gaya hidup.

Sejumlah makanan dapat menghambat penuaan dini pada kulit. Makanan-makanan ini berefek langsung menjaga kulit dan juga organ tubuh lainnya dari radikal bebas yang menyebabkan kulit tampak tua.

Jenis makanan yang berkhasiat membuat Anda awet muda ini mesti kaya akan antioksidan, mengandung vitamin C, D, E, K, dan B-kompleks. Selain itu juga, mengandung sejumlah mineral penting untuk tubuh. Jenis makanan sehat ini bisa didapatkan dengan mudah.

Berikut 5 makanan yang dapat mencegah penuaan dini.

1. Alpukat
Buah alpukat kaya akan lemak yang baik untuk tubuh. Lemak pada alpukat dapat membantu kulit tetap fleksibel dan lembap. Studi menunjukkan, perempuan yang rutin mengonsumsi alpukat memiliki kulit yang lebih halus dengan elastisitas yang tinggi.

Dikutip dari HHD Research, alpukat juga dapat membantu kulit memiliki pertahanan dari sinar matahari yang merusak, salah satu faktor yang mempercepat penuaan.

Konsumsilah buah alpukat secara rutin. Buah alpukat dapat dimakan secara langsung, dijadikan jus, atau dicampur sebagai salad.

2. Cokelat hitam
Mengonsumsi cokelat hitam murni atau kakao lebih dari 70 persen juga dapat membantu mencegah penuaan dini pada kulit. Konsumsi cokelat murni setiap hari mencegah kulit kasar dan melindungi kulit dari sengatan matahari. Konsumsi cokelat juga meningkatkan aliran darah sehingga memberikan nutrisi penting ke kulit.

Hindari makan cokelat yang sudah ditambahkan gula karena gula dapat memecah kolagen dan juga menyebabkan jerawat.

3. Tomat
Tomat kaya akan vitamin C yang mencegah kulit berkerut. Tomat juga mengandung antioksidan karotenoid seperti beta-karoten, lutein, dan likopen yang berfungsi melindungi kulit dari radang dan kerusakan akibat sinar matahari. Konsumsi tomat setiap hari demi mencegah kulit dari penuaan dini.

4. Kacang kenari
Kacang kenari memiliki rasio asam lemak esensial yang optimal. Asam lemak esensial berfungsi sebagai bahan pembangun membran sel yang sehat. Kacang kenari juga mengandung antioksidan, vitamin E dan C, selenium, dan protein. Kandungan seng dalam kacang kenari juga membantu melawan bakteri dan inflamasi pada kulit.

Konsumsi satu ons kacang kenari setiap hari untuk membuat kulit tetap terjaga dan awet muda.

5. Pepaya
Pepaya kaya akan antioksidan, vitamin, dan mineral yang membantu elastisitas kulit dan mencegah keriput. Dikutip dari Health Line, pepaya juga mengandung papain yang bermanfaat mencegah peradangan kulit. Papain juga melepaskan sel kulit mati sehingga membuat kulit awet muda dan cerah bercahaya.


Sumber: Cnnindonesia.com

Tags