Komisi I DPRD Inhil Dan Disdukcapil Kunker ke Bengkalis




BENGKALIS - Ketua Komisi I DPRD Inhil Razali bersama Disdukcapil Inhil melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) di Kabupaten Bengkalis.

Razali mengatakan, kedatangan rombongan diakuinya dalam rangka "belajar" ke Dukcapil Bengkalis karena di Kabupaten Inhil masih ditemui adanya kendala dalam pelayanan dasar, berupa dokumen di Dukcapil masih terpusat di kabupaten tidak sampai ke Unit Pelaksana Teknis (UPT) kecamatan-kecamatan yang ada berbeda dengan di Kabupaten Bengkalis.

"Sebenarnya kedatangan kami ini dalam rangka "belajar", karena secara kondisi daerah atau alam antara Kabupaten Bengkalis dan Inhil itu sama. Sekarang yang menjadi kendala pelayanan kami karena masih bertumpu di kabupaten, belum ke UPT di kecamatan dan hanya sebatas perekaman, sedangkan Kabupaten Bengkalis lebih dari itu. Jadi kami ingin "belajar" di Bengkalis," ungkapnya.


Lima anggota Komisi I DPRD dan didampingi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) secara resmi melakukan kunjungan ke Dukcapil Kabupaten Bengkalis, Jumat (28/2). Dan rombongan DPRD dan Dukcapil Inhil dikomandoi Ketua Komisi I, Razali, S.Ag, M.Si dan Muhammad Andry Suganda, S.E (Sekretaris Komisi), dan anggota komisi, Abdurrahman, S.PSi, M.Si, Hj. Siti Bungatang, dan Bambang Hermanto, serta Sekretaris Dukcapil Inhil, Nursal dan sejumlah staf disambut langsung Kepala Dinas Dukcapil Bengkalis, Renaldi, S.Sos didampingi Sekretaris Nurfaridinsyah dan sejumlah staf.

Menurut Razali dalam pertemuan tersebut banyak ilmu yang didapat, bahwa di Bengkalis perekaman dan percetakan sudah berada di UPT, Bengkalis yang lebih duluan, seperti regulasi, dari segi pelayanan yang lebih baik.

Razali juga berharap, kedepan hasil pertemuan ini menjadi acuan bagi Kabupaten Inhil, agar melakukan pelayanan kepada masyarakat dengan sistem yang sama dengan Bengkalis.

Ditambahkan Sekretaris Dukcapil Inhil, Nursal, kesempatan pertemuan tersebut merupakan upaya untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat yang lebih baik. Dia mengaku banyak pengetahuan yang bisa diambil dan akan diaplikasikan kedepannya, diantaranya dari pelayanan yang terpusat di kabupaten menjadi terurai ke UPT kecamatan di Inhil yang ada.

"Tentu kami sangat berterima kasih setinggi-tingginya kepada Kepala Dinas Dukcapil Bengkalis yang sudah bersedia memberikan dan berbagi pengalaman kepada kami. Dan terima kasih kepada Komisi I yang sudah mempunyai inisiatif mengajak "belajar" bersama demi meningkatkan mutu pelayanan di Inhil. Hasil pertemuan tadi banyak yang bisa kami ambil, pelayanan di tingkat kecamatan atau terurai dan itu menjadi pembelajaran berarti bagi kami," terangnya.

Seraya menambahkan, pihaknya akan melakukan hal yang sama di Inhil melengkapi regulasi yang diperlukan. (RA)