Mahasiswa di Riau Ditawarkan Pelatihan Oleh PT. Pertamina

Jakarta - PT Pertamina (Persero) menyambangi Universitas Islam Riau (UIR) Pekanbaru. VP Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman mengatakan, kehadiran Pertamina di Kampus UIR untuk menawarkan peluang kewirausahaan melalui pengadaan seminar dan pelatihan oleh Pertamina.

"Kami menawarkan kepada UIR untuk mengadakan seminar dan pelatihan kewirausahaan untuk membangkitkan minat para mahasiswa. Kita juga akan datangkan narasumber dan motivator bahkan pelaku usaha yang kompeten untuk memompa semangat para mahasiswa," ujarFajriyah, dalam keterangan tertulis, Jumat (28/2/2020).

Fajriyah mengatakan, Pertamina sedang menggalakkan kemandirian ekonomi. Diharapkan para mahasiswa UIR bisa tertarik dan menjadi entrepreneur muda yang bisa menggairahkan perekonomian di Riau.

"Program tanggung jawab sosial dan lingkungan Pertamina terdiri dari 4 pilar, yakni pendidikan, kesehatan, kemandirian dan lingkungan. Sejalan dengan membangun SDM yang unggul, Pertamina mengedepankan program yang terkait pendidikan dan kemandirian ekonomi. Di universitas banyak sekali potensi kemandirian usaha, banyak entrepreneur yang bisa dikembangkan. Pertamina berharap bisa diterima oleh UIR sehingga bisa membantu membangun entrepreneur dan penciptaan lapangan kerja," ujar Fajriyah.

Menurut Fajriyah, Pertamina mengundang para mahasiswa dan civitas akademika Kampus UIR yang ada di 'Bumi Lancang Kuning' ini untuk mengirimkan proposal kegiatan kewirausahaan yang hendak dibangun. Kegiatan tersebut dikemas dengan nama 'Kampuspreneur'.

"Kompetisi Kampuspreneur ini di mana mahasiswa ditantang menyusun proposal bisnis. Sebanyak 20 proposal terbaik akan diberi CSR modal usaha dan pendampingan oleh mentor yang kompeten dari Pertamina. Semoga ini bisa jadi pendorong mahasiswa UIR untuk menjadi enterpreuneur muda yang sukses," ungkap Fajriyah.

Sementara Wakil Rektor II UIR Asrol mengatakan, kampusnya memiliki 27 ribu mahasiswa aktif dari 84 program studi yang ada. Pihak Kampus UIR pun menyambut baik kedatangan dan mengapresiasi tawaran dari Pertamina.

"Tawaran Pertamina sangat cocok dengan semangat UIR sedang menyiapkan soft skill mahasiswa dari semester 2 hingga 6 untuk kemandirian. Di UIR sudah ada kegiatan membentuk calon wirausahawan baru. Jadi kita antusias menyambut dan akan kita tindaklanjuti. Kami sangat apresiasi dan akan memberikan dukungan yang besar untuk mencapai target untuk meningkatkan SDM mahasiswa dan lulusan UIR," pungkas Asrol.

Sebagai informasi, kehadiran Pertamina di Kampus UIR turut dihadiri oleh VP CSR and SMEPP Pertamina Arya Dwi Paramita dan disambut langsung oleh Wakil Rektor II Dr Ir H Asrol M.Si dan para pejabat kampus dan dosen UIR Pekanbaru. Kehadiran Pertamina di Kampus UIR menjadi perhatian khusus dalam upaya mengedepankan pendidikan sesuai dengan amanat pemerintah untuk menciptakan SDM unggul Indonesia.

Sumber: Detiknews.com