Meningkat Drastis, Hari Ini 20 Hotspot Muncul di Riau



Potensi risiko kebakaran lahan di wilayah Riau. (Foto: BMKG)


PEKANBARU - Sebanyak 20 titik panas atau hotspot tersebar di beberapa kabupaten / kota di Provinsi Riau, Selasa (25/2/20) pagi. Jumlah ini jauh meningkat dari hari sebelumnya yang hanya 6 titik panas.

Berdasarkan pantauan satelit Terra dan Aqua milik Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun Pekanbaru bertambah sebanyak 31 hotspot di pulau Sumatera.

"Titik panas update Selasa (25/2/20) pagi pukul 06.00 WIB telah membeli 31 hotspot di Sumatera," kata Prakirawan BMKG Pekanbaru, Sanya Gautami SSi kepada koranmx.com, Selasa (25/2/2020).

Sebaran titik panas kata Sanya, ada di lima provinsi yaitu Sumatera Utara (Sumut) 2, Sumatera Barat (Sumbar) 1, Bengkulu 7, Lampung 1 dan terbanyak ada di Provinsi Riau yaitu 20 titik panas.

"Hotspot di Riau terpantau di tiga kabupaten, yaitu Bengkalis 4, Kepulauan Meranti 8 dan Pelalawan 8 hotspot," ucapnya.

Namun katanya, pada tingkat kepercayaan (tingkat kepercayaan) di atas 70 persen, di Riau hanya ada 5 hotspot. Yakni 2 di kecamatan Rupat, Bengkalis dan 3 lainnya di Kecamatan Rangsang Pesisir, Kepulauan Meranti.

Sementara prakiraan cuaca pada saat ini sedang hangat berawan. Potensi hujan dengan intensitas ringan tidak dapat dilakukan pada siang hari hingga sore hari di sebagian wilayah kabupaten Indragiri Hilir.

Potensi hujan dengan intensitas ringan tidak dapat terjadi pada malam hari di sebagian wilayah Kuantan Singingi, Indragiri Hulu, Kampar dan Rokan Hulu.

Sementara jarak pandang (visibilitas) di beberapa wilayah di Riau masih terpantau dengan baik, pada pertemuan Pekanbaru 7 KM, Rengat 5, Pelalawan 5 KM, Dumai 7 KM dan Tambang, Kampar 6 KM.***





Sumber : Koranmx.com