72 Rumah Rusak dan 900 Mengungsi Akibat Banjir Bandang


Poso - Banjir bandang terjadi di Desa Lengkeka, Kecamatan Lore Barat, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah (Sulteng). Saat ini warga pergi mengungsi meninggalkan desa.

"Kami menerima laporan bencana longsor dan banjir terjadi pada sore tadi sekitar pukul 17.50 Wita. Keadaan sekarang hujan mulai turun kembali dan semua warga di sana mengungsi keluar,"ungkap Kepala Sub Bidang Penyaluran Logistik BPBD Sulteng, Andy Sembiring, saat dihubungi, Rabu (3/3/2020).

Seorang warga dikabarkan hilang terbawa arus. Petugas melakukan pencarian. Selain itu, proses evakuasi dibantu oleh BPBD Poso, aparat kepolisian, aparat kecamatan, dan personel TNI AD.

"Seorang warga masih dalam pencarian, jenis kelaminnya perempuan. Dan sebagian lainnya sudah mengungsi ke tempat yang lebih aman. Semoga cepat ditemukan, malam ini insyaallah tim BPBD Sulteng akan menuju ke lokasi," ujar Andy.

Sementara itu, Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Agus Wibowo, mengatakan banjir bandang terjadi setelah hujan dengan intensitas tinggi mengguyur sehingga menyebabkan air bah turun dari pegunungan membawa material kayu, batu, dan lumpur.

Menurut data yang dihimpun BPBD Kabupaten Poso sedikitnya 10 rumah hanyut, 11 rumah rusak berat dan kurang lebih 51 rumah rusak ringan. Selain itu banjir juga memaksa kurang lebih 900 jiwa mengungsi ke kantor Kecamatan Lore Barat.

"Hingga saat ini tim gabungan terus melakukan upaya evakuasi dan membantu proses tanggap darurat di lokasi kejadian. Sementara dilaporkan kendala yang dihadapi adalah sulitnya sinyal internet di lokasi sehingga menghambat proses pelaporan," kata Agus.


Sumber: Detik.com