Ada 3 Positif Covid-19 di Bali, 199 Orang Diminta Isolasi Mandiri


Denpasar - Pemprov Bali mengumumkan ada 3 pasien baru positif COVID-19. Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 telah melacak (contact tracing) terhadap 199 orang yang pernah kontak dengan ketiga pasien tersebut.

"Untuk pasien ketiga sudah dilakukan tracing dan ditemukan 171 orang yang pernah kontak dengan yang bersangkutan. Semuanya sudah diambil sampel swab-nya untuk uji laboratorium dengan karantina di rumah masing-masing," kata Sekertaris Daerah (Sekda) Bali, Dewa Made Indra, kepada wartawan, Jumat (20/3/2020).

Pasien ketiga yang dimaksud Dewa adalah seorang lelaki warga negara Indonesia (WNI) berusia 30 tahun. Sementara dua pasien lainnya ialah laki-laki usia 72 tahun WNA dan laki-laki WNI 39 tahun.

"Jadi untuk 3 orang yang positif terinfeksi tersebut, sudah dilakukan tracing contact sebanyak 199 orang," tambahnya.

Pemprov Bali akan terus menurus memantau 199 orang yang pernah kontak dengan ketiga pasien tersebut. Selain itu juga menganjurkan mereka untuk melakukan karantina mandiri sesuai dengan protokol pencegahan COVID-19.

"Semuanya secara terus-menerus dipantau dan diberikan informasi, edukasi terkait pencegahan penularan, melakukan karantina mandiri dan melakukan protokol pencegahan dengan baik," jelas Indra.

Terhadap 199 orang yang pernah kontak tersebut diharapkan bisa menjaga kesehatannya. "Kita berharap 199 orang ini bisa dengan disiplin melakukan karantina mandiri, menjaga kesehatannya demi menghindari kemungkinan penularan," ungkap Indra.

Hari ini diumumkan, pasien positif terjangkit virus Corona (COVID-19) di Bali bertambah menjadi 3 orang. Ketiga pasien tersebut terdiri dari 1 warga negara asing (WNA) dan 2 warga negara Indonesia (WNI).

"Dari 3 orang ini saya informasikan sebagai berikut yang pertama adalah laki-laki usia 72 tahun WNA. Kemudian kedua laki-laki 39 (tahun) WNI, yang ketiga laki-laki 30 tahun WNI," jelas Indra.


Sumber: Detik.com