Kenapa RI Tak Lockdown Seperti Malaysia?



Jakarta - Sejumlah negara telah mengambil kebijakan lockdown untuk menangkal wabah virus corona. Salah satu yang telah menerapkan lockdown ialah negara tetangga, Malaysia.

Namun, Indonesia tak menerapkan kebijakan tersebut. Hal itu bahkan telah ditegaskan oleh pemerintah.

Apa alasan pemerintah tak mengambil kebijakan ini?

Deputy Director Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Eko Listiyanto menilai, pemerintah tak mengambil kebijakan itu menimbang aspek ekonomi. Menurutnya, dengan adanya virus corona, ekonomi Indonesia pasti melambat.

Namun, kata dia, pemerintah berupaya menjaga agar penurunannya tidak tajam.

"Saya rasa pertimbangan utama pemerintah aspek ekonomi dalam konteks saat ini kan kalau turun ekonominya pasti turun, mungkin yang mau dijaga kemampuan masyarakat untuk tetap bisa mengkonsumsi dengan normal, secara walaupun mulai dibatasi akses transportasi publik, mulai diterapkan sosial distancing, jaga jarak," kata dia dilansir dari detikcom, Minggu (22/3/2020).

Menurutnya, pemerintah meyakini langkah yang ditempuh mampu menghalau corona. Sehingga, kebijakan lockdown belum ditempuh.

"Pemerintah mungkin confident dengan upaya di luar lockdown. Sehingga kemudian dia mencoba dulu skenario di luar lockdown," ungkapnya.

Namun begitu, dia juga menilai, lockdown jadi opsi pemerintah. Sebab, pemerintah sempat memantau pasokan pangan di tengah geger corona.

"Walaupun berbagai kesempatan sebenarnya pemerintah menimbang-nimbang juga, inspeksi ke Bulog, kesiapan-kesiapan lain. Sepertinya, opsinya memang belum ke arah situ sejauh ini, karena melihat kapasitas mungkin pemerintah punya hitungan sendiri," ujarnya.

"Di luar aspek ekonomi mungkin nggak ada, politik, saya rasa memang pertimbangan utamanya aktivitas ekonomi walaupun melambat masih bisa jalan," tutupnya.


Sumber: Detik.com