Melonjak Jadi 450 Kasus, Ini Grafik Pasien Covid-19 Hingga 21 Maret

Foto: Jubir Penanganan Covid-19, Ahmad Yurianto (dok.BNPB)

Jakarta - Hingga hari ini, terdapat 450 kasus virus Corona COVID-19 di Indonesia. Angka ini sudah melonjak tajam dari awal mula kasus ini dikonfirmasi pemerintah.

"Kasus positif COVID-19 dari tanggal 21 sampai hari ini sebanyak 81 orang, sehingga total kasus menjadi 450 orang," ujar juru bicara penanganan COVID-19, Achmad Yurianto, di Ghra BNPB, Jakarta, Sabtu (21/3/2020).

Pemerintah sudah 15 kali menyampaikan update kasus positif Corona di Indonesia. Kenaikan terbesar terjadi pada 19 Maret 2020 (bertambah 82 kasus).

Dalam kesempatan sebelumnya, Yuri mengatakan melonjaknya angka kasus pasien positif virus Corona karena pemerintah tengah intens melakukan pelacakan kasus. Yang kedua adalah kesadaran masyarakat yang ingin diperiksa.

"Kita berharap pada setelah dilaksanakan kegiatan masyarakat diharapkan pada bulan April kita sudah mulai melihat hasilnya dan kita berharap ini sudah mulai terkendali, tetapi saat sekarang memang betul sedang naik karena 2 hal," ujar Yuri pada 18 Maret 2020.

"Yang pertama bahwa contact tracing kita lakukan secara intens sehingga kita semakin banyak menemukan kasus ini, yang kedua adalah kesadaran dari seluruh masyarakat bahwa mereka semakin peduli, mereka semakin peduli dan semakin mau untuk diperiksa," imbuhnya.

Karena itu, Yuri mengatakan ini menjadi tantangan bagi pemerintah untuk mempersiapkan laboratorium seoptimal mungkin untuk menguji sampel warga.

"Oleh karena ini sebuah tantangan yang besar untuk kita bersama pada saat keinginan masyarakat semakin meningkat tentunya sarana fasilitas untuk agar mereka bisa melalui laboratorium harus kita tingkatkan, kalau tidak demikian maka akan terjadi gap dan ini akan menimbulkan permasalahan, ini yang akan kita lakukan di dalam minggu-minggu ke depan," jelas Yuri.

Grafik peningkatan kasus virus corona ada di halaman berikutnya.


Sumber: Detik.com