Orang Tua PM Malaysia Muhyiddin Yasisin Ternyata Lahir di Siak, Ini Kata Bupati



Siak - Bupati Siak Alfedri mengucapkan selamat atas diangkatnya Muhyiddin Yassin sebagai Perdana Menteri (PM) Malaysia. Alfredi menambahkan orang tua Muhyiddin lahir di Siak, yang berada di Provinsi Riau.

"Karenanya, kita turut bangga dan bersyukur PM Muhyiddin Yassin orang tuanya lahir di Siak, Riau," ujar Alfredi kepada wartawan, Minggu (1/3/2020).

Alfedri menjelaakan orang tua dari Muhammad Yassin bin Muhammad lahir di Siak pada 1902.

PM Malaysia yang baru dilantik ini disebut-sebut orang tuanya Tua Guru Haji Muhammad Yassin bin Muhammad berasal dari Siak yang lahir tahun 1902. Apa lagi, katanya, Sultan Siak VI masih memiliki kedekatan khusus dengan Malaysia.

Hubungan kekeluargaan Kesultanan Siak dengan kerajaan Malaka memiliki hubungan kekerabatan yang cukup kental. Apa lagi dalam sejarahnya Sultan Siak pertama berasal dari Malaysia.

"Jadi sejak dulu, Kesultanan Siak memiliki kekerabatan yang sangat kuat ke Malaysia. Kita ingin mengundang PM Malaysia yang baru ini untuk berkunjung ke Siak melihat kembali tanah kelahiran orang tuanya. Kita akan urun rembuk ke ahli sejarah di Siak ini untuk mencari jejak almarhum orang tuanya," kata Alfedri.

Muhyiddin diangkat sebagai PM Malaysia hari ini oleh Raja Malaysia Yang Dipertuan Agung Al-Sultan Abdullah Ri'ayatuddin Al-Mustafa Billah Shah. Dilansir Channel News Asia, prosesi pengangkatan sumpah Muhyiddin sebagai PM Malaysia berlangsung mulai pukul 10.31 dan berakhir pukul 10.43 waktu setempat yang disiarkan secara langsung media resmi pemerintah.

Muhyiddin dengan mengenakan busana melayu hitam-hitam dengan peci warna hitam menyampaikan sumpah di depan raja yang mengenakan busana coklat muda yang duduk di singgasana bersama istrinya. Setelah membacakan sumpah. Muhyiddin kemudian menandatangani sejumlah berkas. ***


Sumber : Detik.com